Kepala Lapas Semarang Ajak Calon ASN Berlari 4,5 KM

KBRN, Semarang : Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang memberikan orientasi kepada 15 Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) baru berupa latihan fisik olahraga yaitu dengan berlari, Sabtu (14/5/2022).

Kegiatan dipimpin langsung Kepala Lapas Semarang Tri Saptono Sambudji diawali dengan gerakan pemanasan kemudian dilanjutkan dengan berlari atau jogging running track sejauh 4,5 kilometer. 

Kalapas menjelaskan bahwa kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk menjaga kebugaran fisik demi konsistensi dan disiplin dalam bertugas."Dengan berolahraga, kita dapat menjaga ketahanan dan kebugaran serta memupuk jiwa korsa petugas sehingga dapat menjaga rasa kebersamaan dan persaudaraan," ungkap Tri Saptono.

Kedisiplinan dan mental yang kuat secara fisik serta sigap dan siap sangat diperlukan oleh petugas lapas, terlebih lagi mereka nantinya akan ditempatkan di satuan pengamanan yang memerlukan sikap tegas dan disiplin dalam membina narapidana.

"Petugas lapas harus sadar akan pentingnya disiplin bertugas, baik disiplin kehadiran dan taat jam kerja, disiplin memakai atribut pakaian dinas serta disiplin berperilaku," tegasnya.

Menurutnya, tingkat kebugaran jasmani perlu ditingkatkan karena tanpa itu semua badan menjadi kurang semangat, bahkan menjadi loyo dan lesu. Latihan ketahanan fisik dinilai sangat berperan untuk mempertahankan atau meningkatkan kebugaran jasmani seorang petugas dalam melaksanakan tugas pokok sehari-hari.

"Harapannya, petugas dapat memiliki rasa senasib sepenanggungan sehingga dapat lebih responsif dan selalu dalam keadaan siap siaga dalam kondisi apapun," harapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar