Sragen Unggul Dari Provinsi Jateng Dalam Capaian Vaksinasi

KBRN, Semarang : Dalam indeks tingkat pencapaian vaksinasi ketiga (booster) Kabupaten Sragen dinyatakan lebih banyak dari provinsi Jawa Tengah. Karena itu Komisi E ingin mengatahui seputar tata cara, penanganan atau kendala dalam proses program vaksinasi ketiga supaya masyarakat bersedia divaksin.

“Kami ingin tahu mengenai program vaksinasi di Sragen yang unik dan mungkin mendapat masukan tambahan seputar penanganan dan pelayanan kesehatan bagi masyarakat agar bisa menjadi contoh untuk daerah lain karena Sragen lebih tinggi capaian vaksinnya daripada Provinsi,” kata Ketua Komisi E - Abdul Hamid, dalam pertemuan antara Komisi E DPRD Jateng dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Sragen, Kamis (20/1/2022).

Sementara, anggota Komisi E Joko Hariyanto memberi masukan soal perkembangan vaksinasi. Menurut dia selama ini pencapaian vaksinasi di sejumlah daerah berbeda-beda.

“Untuk vaksin ketiga dan mengenai isu virus baru tentu ada penanganan. Harapannya untuk Sragen mampu menekan kepanikan masyarakat agar tidak menjadi euforia,” tanya Joko.

Anggota Komisi E lainnya Yohanes, menanyakan apakah ada kendala di masyarakat sehingga mendapatkan capaian yang memuaskan.

Menjawab hal itu Kepala Dinkes Kab. Sragen dr Hargiyanto, MKes mengatakan, saat ini capaian vaksinasi di Sragen sudah lebih dari 60%. Namun, diakuinya pula, dalam pencapaian tersebut melewati banyak kendala sulit terutama sosialisasi kepada masyarakat.

“Kami memiliki Bupati dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati mau memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat untuk penyuntikan vaksin Covid-19. Bersama OPD terkait bekerja sama untuk terjun langsung kepada masyarakat. Bahkan bupati bersedia door to door kepada warga yang takut untuk melakukan vaksin dengan memberikan contoh dan pengarahan langsung. Bupati sendiri melakukan tugasnya terutama untuk kategori lansia,” jelas Hargiyanto.

Terkait vaksin, lanjut dia, Sragen telah mencapai 84,3% untuk semua tahapan vaksinasi. Saat ini juga vaksinasi dilakukan di area umum masyarakat seperti pusat perbelanjaan pada akhir pekan.

(Humas DPRD)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar