RTK dan Covid Ranger Kampanye Tentang Ikan dan Anak Korban Covid-19

KBRN, Rembang : Rumah Tumbuh Khodtijah dan relawan Covid Ranger berkolaborasi dalam event bazar ikan. Ada dua pesan penting yang dibawa sesuai dengan konsep kegiatan.

Pendiri RTK, Trini Hariyanti mengatakan masih kurangnya minat anak- anak untuk makan ikan menjadi latar belakang kegiatan tersebut. Padahal Rembang memiliki kekayaan laut yang luar biasa dengan panjang pantai sekitar 64 kilometer.

Perempuan yang akrab disapa Mak Ijah juga menyebut kelompok perempuan juga dilibatkan dengan memerkan produk makanan olahan ikan di stand-stand yang tersedia. Harapannya bisa juga membantu mereka membangkitkan usahanya.

Pihaknya juga menggandeng relawan Covid Ranger, kaitannya dengan anak- anak yang orang tuanya meninggal karena covid-19. Tujuannya anak- anak itu juga mendapat makanan atau cemilan yang sehat karena berbahan dasar ikan.

"Selain itu kita memberikan pemahaman ke anak - anak itu pentingnya makan ikan dan makanan olahannya. Dan mengajak banyak orang untuk peduli nasib mereka."

Joko Wasito salah satu Covid Ranger menambahkan peran dari covid ranger dalam event ini tak hanya menyalurkan santunan saja, tetapi juga membantu mengkoordinir anak- anak yang orang tuanya meninggal karena corona. Total dalam momen bazar ikan ada 150an anak korban Covid-19 yang mendapat bingkisan makanan olahan ikan.

"Ada sejumlah anak yang kita antar jemput dari rumahnya ke RTK karena orang tuanya bekerja sehingga tak bisa mengantar. Tidak semua anak harus datang ke RTK, tapi sebagian juga kita kirim ke rumah masing-masing seperti yang tinggal di luar kecamatan Rembang, " imbuhnya.

Joko menuturkan santunan dalam event ini berbeda dari biasanya, jika selama ini uang , kali bingkisan makanan olahan ikan. Pasalnya covid ranger ikut mengkampanyekan gemar makan ikan kepada anak-anak sesuai tema bazar ikan.

"Santunan kali ini berupa bingkisan dengan isi berbagai makanan olahan ikan. Per paket Rp. 50ribuan kemudian kita belanjakan di stand bazar ikan, seperti rengginang, lele bakar, ikan asap, krispi ikan, empek- empek, kripik ikan, kripik udang dan lainnya, " terangnya.

Selama kegiatan berlangsung banyak masyarakat yang bergantian kesana untuk berbelanja dan bersantai menikmati rumah bambu yang memiliki konsep pedesaan itu. Selama tiga hari itu pula silih berganti sejumlah organisasi memberikan santunan bagi anak-anak yang orang tuanya meninggal karena virus covid-19.

Sejumlah organisasi yang berkolaborasi dalam kegiatan itu seperti Ketua Persatuan Istri Tentara (Persit) KCK Cab XLI Dim 0720/Rembang, Ny Asih Donan Wahyu, Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI), Tim Penggerak PKK Kabupaten dan Relawan Covid Ranger sendiri.

Dalam event ini juga demo memasak sejumlah menu. Para pengunjung bisa belajar bagaimana memasak ikan lele yang mudah dan higienis serta membuat nugget ikan. (MCS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00