Masjid Agung Gelar Khitan Massal, Peserta Dibagi Tiga Shift

KBRN, Kudus : Masjid Agung Kudus tahun ini menggelar khitanan massal, seperti halnya ditahun – tahun sebelumnya. Namun, peserta khitanan massal saat awal pandemi pada 2020 lalu, tidak sebanyak tahun ini. Tahun 2021 ini peserta khitan diikuti sebanyak 175 anak dari berbagai desa di Masjid Agung Kudus, Selasa (19/10/2021) pagi.

Ketua Panitia Khitanan Massal, Handoko mengatakan, antusias dari peserta tahun ini cukup banyak. Jika tahun lalu sekitar 150-an, tahun ini ada 175 anak. Kuota yang disediakan panitia pun ludes hanya dalam hitungan jam ketika pendaftaran dibuka.

“Baru sejam langsung penuh, animonya memang tinggi,” kata dia di sela - sela kegiatan. Selain itu dalam pelaksanaannya juga melibatkan 12 dokter dan 10 paramedis.

Untuk memecah kerumunan, panitia membagi proses khitan menjadi tiga sesi. Yakni sesi pertama pukul 07.00 - 08.30 WIB sebanyak 60 anak. Kemudian tahap dua pukul 08.30 - 09.30 WIB sebanyak 60 anak. “Sementara 50 anak sisanya masuk sesi tiga mulai pukul 09.30 hingga selesai,” ujarnya.

Khitan massal menjadi salah satu kegiatan rangkaian Maulid Nabi Muhammmad SAW 1443 Hijriah. Sebelumnya telah dilaksanakan Pembacaan Al-Barzanji selama 12 malam dan Khotmil Quran. Pihaknya berharap semoga peserta menjadi anak yang sholeh dan dapat berguna bagi nusa, bangsa dan agama.

Fasilitas dari peserta mendapatkan baju muslim, tas, sandal, obat-obatan dan uang saku.

Sementara Bupati Kudus HM Hartopo menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalammensukseskan acara tersebut. Sehingga pada tahun ini, jumlah anak yang bisa merasakan manfaatnya bisa bertambah dari tahun sebelumnya.

“Kami atas nama pemerintah daerah mengucapkan banyak terima kasih atas semua pihak yang telah mensupport kegiatan ini,” kata Hartopo. (Roy Kusuma)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00