MM FEB UNAIR Terima Penghargaan Top Creating Shared Value Award 2021

KBRN, Surabaya : Penghargaan bergengsi Top CSV Award 2021, yang dikemas dalam bentuk webinar dan e-awarding ceremony  diselenggarakan oleh INFOBRAND.ID bekerja sama dengan TRAS N CO Indonesia dan didukung oleh Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga.

Dikutip dari laman resmi unair.ac.id, Magister Manajemen FEB UNAIR berhasil meraih penghargaan Top CSV Award 2021 untuk program CSV (Creating Shared Value) yang bernama “This is Ability Not Disability, Metode Melukis dengan Aroma untuk Tuna Netra”. Metode tersebut pertama kali dikenalkan dalam Public Movement dengan Tema “This is Ability Not Disability”.

“Konsepnya sangat menarik, ingin mewujudkan bahwa semua orang bisa menggambar atau melukis tak terkecuali bagi tuna netra. Penyandang tuna netra mendapatkan eksposur sebagai peserta dan mendapatkan metode pembelajaran baru yang dapat dimasukkan ke dalam kurikulum pendidikan sekolah tentunya. Bagi Universitas Airlangga sendiri namanya semakin harum sebagai pemrakarsa program yang mengurus isu sosial dan pendidikan,” ungkap Susilowati Ningsih selaku CEO INFOBRAND Group  memberikan ucapan selamat, Kamis (21/10/2021).

Top CSV Award 2021 sendiri merupakan ajang penghargaan CSV pertama di Indonesia, yang diberikan kepada perusahaan atau institusi di Indonesia yang telah berhasil menjalankan program CSV. Penghargaan tersebut diberikan berdasarkan hasil presentasi dan penilaian dewan juri dengan mengacu kepada tiga aspek penilaian yaitu CSV Concept Aspect, CSV Impact Aspect, dan CSV Branding Aspect. 

Ajang penghargaan tersebut diselenggarakan bersamaan dengan webinar nasional yang mengangkat tema “CSR (Corporate Social Responsibility) to CSV (Creating Shared Value)”. Webinar nasional diisi oleh para narasumber kompeten. Pertama Drs. Mas Achmad Daniri, MEc (Dewan Pakar Komite Nasional Kebijakan Governance, Pakar Good Corporate Governance, dan Penulis Buku “Lead By CSV”. Akan membawakan materi dengan tema Paradigma Baru Penerapan CSV.

Pembicara kedua yakni Dr. Gancar C. Premananto, CDM, Kepala Departemen Manajemen FEB Universitas Airlangga, sekaligus Senior Consultant dan Mentor CSV, yang akan membawakan tema CSV; Smart Corporate Strategy. Untuk pembicara ketiga yakni Tri Raharjo S.E., M.M, seorang CEO TRAS N CO Indonesia dan Founder Indonesia Brand Network (IBN) yang akan membawakan materi dengan tema Branding Strategy for CSV. 

CSV sendiri merupakan sebuah konsep dalam strategi bisnis untuk menciptakan nilai ekonomi bersama sekaligus menyelesaikan persoalan sosial yang ada di masyarakat. Melalui program CSV, perusahaan juga dapat menjalankan program sesuai visi dan misi perusahaan yang selaras dengan tujuan Sustainable Development Goals (SDG’s). Kendati telah diperkenalkan, masih banyak perusahaan yang belum menerapkan bahkan belum memahami konsep CSV.

Maka dari itu, diharapkan melalui webinar tersebut dapat memberikan wawasan mengenai CSV kepada perusahaan di Indonesia, sehingga semakin banyak perusahaan yang menerapkan CSV untuk kegiatan sosial perusahaan.

Serta dengan adanya penghargaan Top CSV Award tersebut diharapkan dapat meningkatkan citra, reputasi, dan kepercayaan di mata publik serta mendorong perusahaan atau institusi di Indonesia untuk turut menerapkan program CSV dalam bisnisnya. Sehingga mendapatkan dampak positif bagi lingkungan, sosial, dan perusahaan. (OA)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00