Sembilan Prodi di Ubaya Terakreditasi Unggul Hingga Tahun 2022

Salah satu fakuktas di Ubaya (Dok. Ubaya)

KBRN, Surabaya : Hingga tahun 2022, sembilan program studi (prodi) di Universitas Surabaya (Ubaya) telah berhasil mendapat akreditasi unggul. Akreditasi ini berdasarkan penilaian dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). 

Akreditasi unggul untuk jenjang Strata 1 ada Prodi Akuntansi, Prodi Farmasi, Prodi Ilmu Hukum, Prodi Manajemen, Prodi Teknik Industri, Prodi Teknik Kimia. Pada jenjang Profesi ada Prodi Profesi Apoteker dan pada jenjang Strata 2 ada Prodi Magister Manajemen dan Prodi Magister Farmasi. 

Berdasarkan Peraturan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor 1 Tahun 2020 Tentang Mekanisme Akreditasi untuk Akreditasi yang Dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, akreditasi unggul merupakan konversi peringkat akreditasi A yang menggunakan Instrumen Suplemen Konversi (ISK). 

Direktur Penjaminan Mutu dan Audit Internal Ubaya, Gunawan, S.Si., M.B.A., Ph.D. menjelaskan, dalam satu tahun, sembilan prodi di Ubaya telah memenuhi kriteria pencapaian akreditasi unggul. Kriteria dinilai dari kerjasama dan mobilitas internasional serta publikasi inovasi mahasiswa dan dosen. 

“Selain itu, hal ini juga didukung dengan perolehan akreditasi internasional. Contohnya, Teknik Kimia dan Teknik Industri yang telah mendapat akreditasi The Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE) dan Farmasi S1 dengan akreditasi Accreditation Council for Pharmacy Education (ACPE) disetarakan menjadi akreditasi Unggul,” jelasnya, Kamis (7/7/2022).

Adanya pencapaian ini dimaknai Rektor Ubaya, Dr. Ir. Benny Lianto, M.M.B.A.T sebagai bukti bahwa Ubaya adalah perguruan tinggi swasta di Jawa Timur yang konsisten memberikan layanan pendidikan berkualitas yang telah diakui secara nasional maupun internasional. 

“Target Ubaya semua prodi bisa mendapat akreditasi unggul karena hampir semua prodi telah terakreditasi dan memiliki sertifikasi internasional,” imbuhnya.

Melalui kualitas pendidikan yang sudah unggul ini, Benny berharap Ubaya dapat menjadi perguruan tinggi swasta di Indonesia yang dapat bersaing di tingkat nasional dan internasional. 

“Sesuai visinya, Ubaya bertekad menghasilkan lulusan yang bukan saja cerdas, tetapi juga berkarakter baik dan memiliki integritas,” imbuhnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar