PAUD Desa Kekuatan Ibu Sepanjang Masa

Gubernue Khofifah pada acara Pengukuhan Bunda PAUD

KBRN, Surabaya : “Ibu adalah madrasah/sekolah” memang sudah menjadi kewajiban seluruh umat manusia se dunia, terus menjaga martabat itu, sekaligus menjadi jalan transisi anak balita supaya semakin kuat. 

Kekuatan ibu sebagai madrasah, memerlukan dorongan dan dukungan secara totalitas. Pertama, membekali ibu sebagai sekolah sejak membina rumah tangga dengan memberikan pendidikan khusus.

Kedua, ibu pada saat mengandung dan persiapan melahirkan. Kodrat sebagai wanita yang selalu tidak dapat digantikan oleh siapa saja, termasuk  teknologi sehebat dan secanggih apapun.

Ketiga, ibu sebagai madrasah mempersiapkan menyusui hingga usia 2 tahun, kemudian mengantarkan berlatih komunikasi dengan massa, sekaligus membekali cara melakukan pergaulan dengan khalayak ramai.

Transisi setelah ibu sebagai madrasah mendapat pembekalan khusus pada saat menjadi ibu rumah tangga, mengandung dan persiapan melahirkan, menyusui dan merawat bayi hingga belajar bergaul. Maka Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menjadi kekuatan ibu sebagai madrasah sepanjang massa (zaman). 

Jika Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) merencanakan PAUD setiap desa/kelurahan, maka pembinaan pembekalan ibu sebagai madrasah setiap desa/kelurahan juga dibutuhkan guna memperbarui sentuhan kepiawain, kepandaian dan kecerdasan ibu. 

Senin (20/9//2021), seusai Pengukuhan 35 Bunda PAUD Kab/ Kota Provinsi Jawa Timur Tahun 2021 di Gedung Negara Grahadi, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berharap, tidak boleh ada desa yang tidak memiliki PAUD.

Mengapa PAUD dan Pendidikan Ibu sebagai Madarash (PIM) sangat penting? Karena mencerdaskan kehidupan bangsa dari rumah membutuhkan dua pendidikan itu pada setiap desa.

Bahkan, sesuai harapan Gubernur Khofifah dapat menurunkan strunting secara lebih signifikan. Karena kecerdasan ibu dibekali ilmu pengetahuan keibuan, serta kecerdasan anak usia dini dibekali keilmuan persiapan menghadapi pergaulan bersama khalayak ramai. Maka akan menjadi kekuatan pembelajaran ibu sebagai madrasah dan anak usia dini dalam menjaga dan meningkatkan kecerdasan seluruh bangsa.  

Karena dari sentuhan pendidik ibu akan melahirkan budi pekerti mulia anak bangsa, juga dari pendirian anak usia dini akan melengkapi kekuatan moral anak bangsa, dalam bermasyarakat dengan sopan serta santun, rendah hari, dengan prestasi sangat tinggi. InsyaAllah.

Ditulis : Redaktur Senior Joko Tetuko

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00