BSI Dukung UMKM Melalui Talenta Wirausaha

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Menteri BUMN Erick Tohir, Direktur Utama PT Bank Syariah Indonesia Tbk Hery Gunardi dan Deputi Bidang Kewirausahaan Kementrian Koperasi dan UKM Siti Azizah saat peluncuran Talenta Wirausaha BSI di SMESCO (Dok. BSI)

KBRN, Surabaya : PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) berkomitmen mencetak lahirnya wirausaha muda di Tanah Air salah satunya dengan mengelar kompetisi Talenta Wirausaha BSI. Program ini digagas sebagai bentuk keseriusan BSI untuk mendorong UMKM sebagai salah satu tulang punggung perekonomian nasional serta membangkitkan ekonomi ummat melalui penguatan sektor bisnis ekonomi rakyat.

Talenta Wirausaha BSI merupakan program inkubator bagi para wirausaha muda untuk membangun dan meningkatkan kapasitas usahanya (scale up) sehingga mampu bertahan dan bersaing dengan beragam bisnis yang sudah mapan. 

Talenta Wirausaha BSI menyasar milenial yang berpotensi untuk menjadi muslimpreneur dengan target 5.000 peserta dari 26 wilayah terpilih di Indonesia, dengan empat tahapan kegiatan utama yaitu on boarding berupa talkshow di berbagai kota tentang talenta kewirausahaan di kalangan generasi muda, workshop pelatihan dan pendampingan bersama mentor expert tentang pengembangan produk, pemasaran dan akses pembiayaan, awarding yaitu acara puncak penjurian dan penganugerahan kepada talenta wirausaha muda terbaik Indonesia, dan partnership berupa kesempatan bagi wirausaha muda untuk bermitra dengan Bank Syariah Indonesia.

Dalam menentukan UMKM terpilih, BSI mengkategorikan para wirausaha dalam  tiga kategori diantaranya UMKM pemula, UMKM rintisan dan UMKM berdaya. Sehingga masing-masing segmen UMKM dapat bersaing sesuai dengan peers dan tingkat kapasitas usahanya.

“Program Talenta Wirausaha BSI menjadi wujud keseriusan perseroan untuk membangun dan meningkatkan kapasitas UMKM yang sustain, memiliki kapabilitas dan kualitas yang mampu bersaing di pasar lokal dan global. Para pelaku usaha dapat memperoleh kesempatan pendanaan dengan sistem syariah sehingga UMKM dapat mengambil peran sebagai segmen yang berkontribusi membangun perekonomian nasional,” ujar Direktur Utama BSI, Hery Gunardi, Rabu (19/1/2022).

Hery menambahkan, Talenta Wirausaha BSI diharapkan dapat menumbuhkan ekosistem wirausaha muda di lingkungan pesantren, sehingga makin banyak muslimpreneur yang inklusif, berkualitas, sekaligus membawa kemanfaatan luas bagi masyarakat.

Selanjutnya :

Halaman 1 dari 2

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar