Jatim Kembali Menjadi Penghasil Padi Terbanyak Nasional

Gubernur Khofifah Indar Parawansa (Dok. Humas Jatim)

KBRN, Surabaya : Berdasarkan Angka Sementara produksi padi yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik, Provinsi Jawa Timur kembali menduduki peringat pertama penghasil padi terbesar di Indonesia dengan total 9.91 juta ton GKG (Gabah Kering Giling).

Pada tahun 2020, Provinsi Jawa Timur juga menduduki peringat pertama penghasil padi terbesar di Indonesia dengan total 9.94 juta ton GKG dari luas panen sebesar 1.75 juta Ha.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menuturkan, pada tahun 2020 lalu produksi padai di Jawa Timur tertinggi secara nasional juga, yakni sebesar 9,94 juta ton GKB.

"Tahun 2021, angka sementara produksi padi sebesar 9,908 juta ton GKG dan Jawa Timur mempertahankan posisinya sebagai Provinsi sentra produksi padi terbesar di Indonesia," ujarnya, Rabu (26/1/2022).

Sesuai data tersebut, Provinsi Jawa Timur dapat mempertahankan posisinya sebagai produsen padi terbesar di Indonesia, disusul provinsi lain di Indonesia yaitu Jawa Tengah dengan produksi sebesar 9,8 juta ton GKG, Jawa Barat dengan produksi sebesar 9,4 juta ton GKG, Sulawesi Selatan dengan produksi sebesar 5,2 juta ton GKG.

Kemudian Sumatera Selatan dengan produksi sebesar 2,5 juta ton GKG, Lampung dengan produksi sebesar 2,5 juta ton GKG, Sumatera Utara dengan produksi sebesar 2,1 juta ton GKG, Aceh dengan produksi sebesar 1,7 juta ton GKG, Banten dengan produksi sebesar 1,6 juta ton GKG, dan NTB dengan produksi sebesar 1,4 juta ton GKG.

Selanjutnya :

Halaman 1 dari 2

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar