Harga Bahan Pokok Naik? Harga Beras Juga Ikut Naik?

BPS di RRI Tuban

KBRN, Tuban : Beras merupakan salah satu tanaman pokok yang paling penting dalam pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat Indonesia. Termasuk Kabupaten Tuban, karena Tuban merupakan salah satu kabupaten dengan kondisi pertanian yang unggul di Jawa Timur.

Masyarakat menganggap tidak ada makanan pengganti yang terbaik selain nasi. Oleh karena itu, pemenuhan stok beras di Tuban harus selalu ada, dengan melakukan penanaman padi yang teratur sesuai dengan kondisi musim yang dibutuhkan, yaitu dimusim dengan curah hujan yang tinggi karena padi membutuhkan banyak air agar menghasilkan hasil panen yang bagus. Namun jika air bengawan solo meluap itu juga menjadi permasalahan untuk petani.

Produksi padi di Kabupaten Tuban jika dibanding 2018 memang mengalami penurunan, yang diakibatkan luas lahan menurun, selain itu yang mengakibatkan penurunan jumlah panen padi di Tuban adalah  perubahan cuaca, karena di tuban tidak menanam padi setiap tahunnya.

Eko Mardiana mengatakan untuk tidak perlu khawatir, karena jika dilihat dari segi pemenuhan kebutuhan di Tuban termasuk surplus, yaitu jumlah antara produksi dan konsumsi masih banyak jumlah produksi.

“ Tuban dari dulu tidak pernah sampai kehabisan stok beras, karena Tuban termasuk 5 Kabupaten produksi padi terbesar se- Jawa Timur.” Tambahnya.

Dilansir dalam website resmi Kominfo Jatim. Selain Kabupaten Tuban, ada Kabupaten lain seperti Lamongan, Bojonegoro, dan Jember juga menjadi Kabupaten dnegan potensi produksi padi tertinggi pada Januari-April 2022.

Menurut BPS Kabupaten Tuban. Desa yang memproduksi padi tertinggi yaitu dari Desa Plumpang, soko dan Widang karena merupakan daerah sentra padi.

Menjelang idul adha 2022, kenaikan harga bahan pokok biasanya terjadi, namun Eko Mardiana mengatakan jika beras kemungkinan tidak akan mengalami kenaikan harga.

“ kalau kenaikan harga itu kan disebabkan oleh inflasi, harapannya untuk petani tetap optimis dalam melakukan produksi bahan pangan, karena pemerintah pasti akan ikut andil dalam mengatasi permasalahan padi di Tuban.” Ujar Eko Mardiana selaku BPS Tuban.

Ia juga berharap agar pemerintah selalu memperhatikan harga jual beli beras, dikarenakan jika terjadi panen raya maka harga akan semakin murah, dan juga sebaliknya. Agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar