Gandeng Pemerintah Inggris, Gubernur Khofifah Ingin Wujudkan Green Industry

Gubernur Khofifah menerima kunjungan Duta Besar Inggris - Owen Jenkins (Dok. Ist)

KBRN, Surabaya : Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) terus mendorong penerapan energi baru terbarukan, khususnya di bidang industri. Dan untuk mewujudkannya, Pemprov bekerjasama dengan Pemerintah Inggris.

Mendapat kunjungan dari Duta Besar Inggris - Owen Jenkins, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawasna menuturkan, sejumlah support yang diberikan oleh Inggris guna membantu pembangunan yang ramah lingkungan, antara lain untuk energi baru terbarukan, melalui Solar Panel. 

Mengingat Indonesia juga mendukung energi baru terbarukan, Jatim juga turut mengembangkan teknologi ini.

"Dan tadi saya juga menyampaikan kepada pak Duta Besar, supaya diberi ruang untuk dikembangkan, terutama daerah daerah kepulauan," tuturnya, Rabu malam (2/12/2021). 

Jadi energi baru dan terbarukan ini, lanjut Khofifah, menjadi bagian penting untuk bisa menyiapkan green industri, bahwa kita sudah harus makin mengarah kepada proses industri yang ramah lingkungan, industri yang mengurangi emisi. 

Selain itu, Pemprov Jatim juga berupaya untuk melakukan normalisasi sungai Brantas, khususnya melindungi sungai dari pembuangan sampah sampah, terlebih sampak popok bayi sekali pakai. 

Dan kembali Pemerintah Inggris memberi support, yakni melakukan edukasi kepada masyarakat, terkait penggunaan popok yang bisa digunakan berulang ulang atau popok kain bagi bayi. Kerjasama tersebut, telah berlangsung diantaranya dengan Muslimat NU.

"Jadi, upaya untuk melakukan pembangunan dengan konsep yang ramah lingkungan, oleh Pemerintah Inggris kita mendapat support yang sangat baik," ujarnya.

Dengan sosialisasi dan edukasi penggunaan popok yang bisa dipakai berulang kali, harapannya bisa mengurangi polusi air, terutama di sungai Brantas.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar