Gubernur Khofifah Gercep Tinjau Lokasi Terdampak Erupsi Semeru

Gubernur Jatim Khofifah meninjau lokasi terdampak erupsi Semeru (Dok. Humas Jatim)

KBRN, Surabaya : Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa gerak cepat (gercep) langsung turun meninjau lokasi terdampak erupsi Gurung Semeru, di Kabupaten Lumajang, Minggu (5/12/2021). Beberapa diantaranya, Gubernur meninjau lokasi jalur evakuasi.

Dari hasil tinjauannya tersebut, Gubernur Khofifah menemukan penanda atau penunjuk jalur evakuasi masih ada. Sehingga, diyakininya jika Pemerintah Daerah (Pemda) setempat telah melakukan langkah langkah antisipasif, bila terjadi perubahan status kondisi gunung.

"Mungkin kawan-kawan bisa melihat itu masih ada penanda jalur evakuasi di sana, ini berapa meter dari sini. Artinya bahwa titik-titik mitigasi itu antara lain dari titik-titik evakuasi itu sudah disiapkan di sini," ujarnya.

Menurut Gubernur Khofifah, fenomena Gunung Merapi di masing masing daerah memiliki spesifikasi yang berbeda beda. Oleh karenanya, Gubernur Khofifah minta Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) untuk terus memberikan update dari berbagai informasi yang bisa diakses, terutama oleh Forkopimda Lumajang.

"Tetapi bahwa dari fenomena gunung berapi masing-masing daerah memiliki spesifikasi yang berbeda, nah disini misalnya Semeru. Semeru ini kan ada kubah-kubah, di mana kemungkinan kalau sudah meluber itu maka akan ada guguran di sini. Kemarin guguran awan panas misalnya," imbuhnya.

Selanjutnya :

Halaman 1 dari 2

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar