Bos Media ini Bakal Laporkan Kasatreskrim Sidoarjo ke Kompolnas

Pimpinan Perusahaan Lampumerah.id yakni Esa Tjatur Setiawan. (Foto : ist)

KBRN, Sidoarjo : Pernyataan Hoak yang disampaikan Kasatreskrim Polresta Sidoarjo dalam group WhatsApp Pewarta terkait pemberitaan dugaan tahanan kabur yang diunggah media online www.lampumerah.id, disayangkan Esa Tjatur Setiawan Pimpinan Perusahaan Lampumerah.id.

Menurut Esa, produk jurnalistik yang ditulis jurnalisnya di Kabupaten Sidoarjo tersebut sudah melewati berbagai proses kerja yang melalui kaidah jurnalistik dengan didahului  investigasi dengan berbagai narasumber, saksi yang mengetahui fakta kejadian itu.

“Bagaimana mungkin, berita yang sudah sesuai kaidah jurnalistik, sudah cover bood said. Dilengkapi data serta wawancara dari berbagai pihak dan disertai dengan foto dinding tahanan yang jebol kok di dikatakan Hoaks oleh Kasatreskrim Polresta Sidoarjo, AKP Oscar Stefanus Setja," ungkap Esa kepada sejumlah Jurnalis Sidoarjo, Sabtu (4/12/21).

Esa menegaskan jika tidak seharusnya seorang Kasatreskrim menyikapi karya jurnalistik dengan kata-kata tuduhan Hoaks atau berita tidak benar seperti itu.

“Pernyataan Hoax dari Kasatreskrim Polresta Sidoarjo itulah yang sebenarnya Hoaks. Kalau menuduh kita Hoaks seharusnya AKP Oscar mengungkap Fakta terkait berita dugaan tahan kabur itu dong," cetus Esa.

Dirinya juga meminta kepada Kasatreskrim Polresta Sidoarjo untuk mengklarifikasi pernyataannya. Karena berita tersebut sudah dikonsumsi oleh masyarakat luas dan dengan tuduhan Hoaks tersebut, jelas Lampumerah.id dirugikan.

"Saya tanya kepada Kasatreskrim Sidoarjo, Yang Hoaks pada bagian mana dari berita tersebut,” tegasnya.

Esa memaklumi, kejadian kaburnya tahanan yang terjadi diduga disebabkan karena lemahnya sistem keamanan dalam menjaga tahanan. Dan pihak Polresta Sidoarjo berusaha menutupi hal tersebut.

“Harusnya tidak perlu malu, tapi hal itu bisa dijadikan sebagai evaluasi internal Polresta Sidoarjo untuk menjadi lebih bagus kedepannya,” imbuhnya.

Esa juga akan mengambil langkah dengan menyurati Polresta Sidoarjo dalam hal ini meminta keterangan resmi secara terbuka kepada AKP Oscar Stefanus Setja selaku Kasatreskrim Polresta Sidoarjo atas tuduhan produk jurnalistik yang ada di Lampumerah.id dianggapnya Hoaks itu.

Tak hanya itu Lampumerah.id juga akan melaporkan Kasatreskrim Polresta Sidoarjo ke Kompolnas (Komisi Kepolisian Nasional) atas tuduhanya tersebut.

"Kami meminta Kasatreskrim Polresta Sidoarjo meminta maaf atas tuduhan berita hoaks di Lampumerah.id . Permintaan maaf itu harus terbuka dan yang terpenting harus mengungkap fakta terkait berita kaburnya tiga tahanan kabur tersebut. Siapa yang menyebar hoaks dalam pemberitaan itu," tegas Esa.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar