Hujan Deras di Mojokerto, Rendam Dua Dusun Hingga Jalan Raya Mojokerto- Pasuruan

Jalan raya Mojokerto-Pasuruan tergenang air, Selasa (7/12/2021) malam. (FOTO/ISTIMEWA)

KBRN, Mojokerto: Hujan deras mengguyur kawasan Kecamatan Ngoro pada selasa (7/12) malam sejak sekitar pukul 16.00 WIB. Akibatnya, air Sungai Sumberwaru meluap dan sebagian tanggulnya jebol hingga merendam permukiman penduduk, minimarket dan jalan raya Mojokerto-Pasuruan di dua desa.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Mojokerto Djoko Soepangkat mengatakan, Hujan selama beberapa jam tersebut mengakibatkan debit air Sungai Sumberwaru, Desa Kembangsri naik. Puluhan rumah penduduk di Dusun Sumberwaru dan Jalan Raya Ngoro tergenang air setinggi sekitar 30 cm.

"Karena hujan cukup deras, debit airnya cukup tinggi mengakibatkan tanggul Sungai Sumberwaru jebol," kata Djoko, Rabu (8/12/2021).

Tidak hanya itu, luberan air dari Sungai Sumberwaru juga merendam beberapa tempat usaha milik warga. Seperti sebuah minimarket di Dusun Ngetrep, Desa Sedati, Kecamatan Ngoro. Air menggenangi minimarket tersebut sehingga beberapa barang dagangan mengapung.

"Luberan air masuk ke permukiman dan tempat usaha, rumah penduduk, toko-toko. Luberan sekitar 30 cm di permukiman pinggir jalan raya. Nanti kami update lagi datanya setelah ada laporan," terang nya.

Djoko menambahkan, BPBD Kabupaten Mojokerto telah menerjunkan tim ke lokasi untuk mendata dampak jebolnya tanggul Sungai Sumberwaru. Begitu juga panjang tanggul yang jebol masih diasesmen.

"Tim masih ke lokasi, berapa panjangnya tanggul yang jebol masih diasesmen. Sampai sekarang di sana masih hujan, tapi intensitas ringan," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar