129 PMI Pulang dari Malaysia, 2 Orang Positif Covid-19

Gelombang kedatangan PMI ke Jatim (Dok. Intagram @khofifah.ip)

KBRN, Surabaya : Gelombang kepulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) ke Jawa Timur mulai masuk melalui Bandara Juanda Surabaya. Hari pertama di tahun 2022, sejumlah 129 orang PMI, mendarat dengan selamat pada hari Sabtu (22/1/2022). 

Dengan tertib dan disiplin, mereka menjalani sejumlah pemeriksaan dan pengecekan kesehatan, sebelum kembali ke daerah asal. Sebanyak 129 orang PMI tersebut, tidak hanya dari Jawa Timur, tetapi juga dari Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Melalui laman instagram pribadinya @khofifah.ip, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengabarkan kedatangan PMI yang melalui Bandara Juanda. Jika sebelumnya, mereka hanya bisa turun di Bandara Soekarno-Hatta. 

"Mulai kemarin, Sabu (22/1) Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Jatim dan NTB mulai pulang melalui Juanda," ujarnya, Minggu (23/1/2022). 

Petugas yang mengecek dan memeriksa kesehatan para PMI ini, merupakan Tim dari Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB), yang khusus didatangkan sebagaimana pemeriksaan yang ada di wisma atlet. 

"Mereka dari Malaysia sebanyak 129 orang. 2 orang terkonfirmasi positif Covid-19 dan 3 orang sakit dirawat di rumah sakit," ungkapnya. 

Dengan demikian, PMI yang dinyatakan dalam kondisi sehat, dan wajib menjalani karantina sebanyak 124 orang. Mereka berada di Asrama Haji Sukolilo Surabaya selama beberapa hari, lalu dipulangkan ke daerah masing masing. 

"Sehingga yang mengikuti karantina di asrama haji Surabaya sebanyak 124 orang," tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar