Makin Mudah Berobat, Peserta BPJS Kesehatan Cukup Pakai KTP

Peserta BPJS Kesehatan tunjukkan KTP (Foto: Anik RRI)

KBRN, Surabaya : Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS) Kesehatan, kini memberikan kemudayan layanan dengan pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagai identitas peserta.

Kepala Bidang Kepesertaan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Surabaya, Wiedho Widiantoro menjelaskan, mekanisme penggunaannya tidak jauh berbeda dengan menggunakan kartu BPJS Kesehatan sebelumnya.

"Kalau sebelumnya, berobat itu harus menunjukkan kartu Askes, kartu JKN atau KIS, sekarang cukup pakai NIK. Jadi peserta bawa e KTP-nya, tunjukkan e KTP-nya, itu sudah bisa dilayani," ungkapnya, Kamis (27/1/2022).

Diakui Wiedho, jika sebelumnya NIK atau e KTP ini sebagai identitas sekunder, sekarang jadi identitas utama. Sedangkan kartu BPJS Kesehatan, menjadi identitas sekunder. Sebagai langkah cek data, jika NIK tidak ditemukan.

"Jadi di data kita, tetep nomer kartu (BPJS Kesehatan) itu teteap ada, disamping NIK. Karena memang banyak peserta kita yang apalgi dulunya peserta Askes sama peserta Jamkesmas, dulukan tidak ada kewajiban mengisi NIK. Nah ketika era BPJS, itukan NIK sekarang digunakan," imbuhnya.

Selanjutnya :

Halaman 1 dari 2

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar