Kelompok Berbisa Kembangkan Aplikasi Easy Indo Untuk Masyarakat Dengan Hambatan Komunikasi

KBRN, Surabaya : Komunikasi adalah suatu proses penyampaian dan penerimaan lambang yang mengandung arti, baik berupa informasi, pemikiran, pengetahuan dan lainnya, dari komunikator ke komunikan. Komunikasi merupakan hal penting untuk interkasi antara satu individu dengan individu lainnya. Jika dalam proses komunikasi ada hambatan, maka diperlukan suatu solusi agar hambatan tersebut dapat teratasi secara tepat dan cepat. 

Jika melihat kondisi di lapangan, hambatan komunikasi dialami oleh berbagai usia, baik anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Hambatan komunikasi menjadi penghalang mereka untuk berinteraksi dengan individu lainnya. Dengan hambatan komunikasi, maka pesan yang ingin disampaikan tidak akan tersampaikan dengan baik dan hal tersebut akan menimbulkan berbagai permasalahan baru.

Kelompok yang peduli akan masyarakat dengan hambatan komunikasi tersebut terdiri adari Hirnanda Dimas Pradana, Citra Fitri Kholidya, Khofidatur Rofiah, dan Sri Widayati menamakan kelompoknya Berbisa (Bersama Kita Bisa) mengembangkan sebuah aplikasi yang bermanfaat bagi masyarakat yang memiliki hambatan komunikasi tersebut.

Pengembangan aplikasi yang diberi nama Easy Indo di support oleh Pertamina Foundation, Pusat Layanan Disabilitas Universitas Negeri Surabaya, dan Signalong Indonesia. Berkat support dari pihak-pihak tersebut pengembangan aplikasi bisa berjalan dengan baik.

Di dalam aplikasi tersebut, pengembang telah memberikan ratusan video tentang bagaimana kosakata dalam yang berguna dalam berkomunikasi dengfan masyarakat yang memiliki hambatan komunikasi Pengembangan aplikasi ini merupakan proyek social yang memang ditujukkan kepada masyarakat dnegan hambatan komunikasi.

Pengembangan aplikasi yang dilakukan oleh pengembang merupakan solusi bagi indivdiu dengan hambata komunikasi. Dengan aplikasiEasy Indo ini, pengembang yakin bahwa aplikaso ini akan dapat menolong insan dengan hambatan komunikasi dapat melakukan komunikasi dengan baik.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar