115 Ekor Sapi di Tuban Terpapar Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Satu Ekor Meninggal

115 Ekor Sapi di Tuban Terpapar Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Satu Ekor Meninggal ( Foto | RRI Tuban ).jpg

KBRN, Tuban : Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang Hewan Ternak, Terutama Sapi, kini telah Menyebar di Kabupaten Tuban 

Jumlah Sapi Terpapar Virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kabupaten Tuban terus Bertambah, saat ini total 115 Ekor Sapi.

Kabid Kesehatan Hewan, Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kabupaten Tuban, Drh. Pipin Diah Larasati, M.A.P  Menyampaikan “ Virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kabupaten Tuban terus Bertambah, saat ini total 115 Ekor Sapi, Mulai awal kasus tanggal 14 Mei 2022, tetapi baru bisa dikonfirmasi positif setelah keluar hasil uji sampel yang di kirim ke pusat veterina farma Surabaya,“ Saat di Konfirmari Reporter RRI Tuban. Rabu ( 25 Mei 2022 )

Pipin menyampaikan untuk saat ini ada satu ekor sapi yang meninggal, namun kematiannya bukan dikarenakan oleh ( Penyakit Mulut dan Kuku ) PMK. 

"Memang dalam kondisi setalah melahirkan, awalnya terkena saat bunting kemudian kondisinya drop dan menunjukan gejala PMK kemudian setelah melahirkan meninggal, karena PMK mempengaruhi terhadap kondisi tubuh, ciri-cirinya demam, adanya lesi di mulut, tidak mau makan, akibatnya menjadi kurus apalagi membawa beban pedet di dalamnya, akhirnya terjadi kematian “ Ungkap Pipin Diah Larasati

Sementara, Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kabupaten Tuban telah  Melakukan upaya KIE ( Komunikasi, Informasi dan Edukasi ) kepada masyarakat, yang bekerjasama dengan lintas sektor, untuk pendampingan di Pasar Ternak yang ada di Kab Tuban.  

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar