Partai Golkar Beri Batuan Alsintan Petani untuk 10 Gapoktan di Sidoarjo

Ketua DPD Partai Golkar Sidoarjo, Adam Rusydi menyerahkan alat dan mesin pertanian (alsintan) untuk Kelompok Tani (Gapoktan) dari 10 Desa di Kabupaten Sidoarjo. 

KBRN, Sidoarjo : Ketua DPD Partai Golkar Sidoarjo menyerahkan alat dan mesin pertanian (alsintan) berupa 10 hand traktor kepada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dari 10 Desa di Kabupaten Sidoarjo. 

"Bantuan Alsintan ini  merupakan aspirator dari Anggota DPR RI, Bapak Adies Kadir bersama DPD Partai Golkar Sidoarjo untuk membantu Petani di Kota Delta ini," kata Ketua DPD Golkar Sidoarjo, Adam Rusydi didampingi dua Anggota DPRD Sidoarjo, Warih Andono dan Arief Bachtiar, Kamis (7/7/22).

Anggota Komisi E DPRD Jatim ini mengungkapkan jika pertanian merupakan sektor yang membutuhkan kehadiran negara, dan petani perlu dibantu dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi mereka.

"Banyak keluhan dari Gapoktan yang mewakili Petani di Sidoarjo, keluhan terkait saluran irigasi, sulitnya mendapatkan air, masalah pupuk, harga jual gabah saat musim panen yang turun, butuhnya mesin pertanian yang modern dan lainnya kepada Partai Golkar Sidoarjo. Alhamdulillah kami bisa merealisasikan bantuan hand traktor kepada perwakilan petani melalui Gapoktan, secepatnya kami juga akan merealisasi permintaan petani Sidoarjo yang membutuhkan mesin diesel pompa air untuk pengairan lahan pertanian mereka," ungkap Adam saat menyerahkan bantuan 10 unit hand traktor kepada perwakilan Gapoktan di Kantor Dinas Pertanian Sidoarjo.

Adam menambahkan jika Petani adalah kelompok profesi yang sangat loyal dan merupakan garda terdepan dalam menjaga ketahanan pangan di negara kita, tetapi sering dirugikan dalam sistem perekonomian yang cenderung liberal.

"Harapan kami, bantuan Alsintan ini bisa membantu Petani Sidoarjo dalam proses mereka bertani seperti mempercepat proses tanam, proses pembajakan dan proses panen mereka. Oleh karena itu negara wajib hadir untuk membantu petani dalam menyelesaikan setiap problem yang ada di petani," Imbuhnya.

Lebih jauh Adam berharap pemerintah terus memperhatikan kehidupan petani, sebab banyak keluhan dari petani mulai masalah irigasi, kebutuhan mesin tanam karena SDM yang mulai berkurang di pertanian dan juga petani membutuhkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk petani dan asuransi untuk pertanian mereka.

"Selama ini, perbankan masih banyak yang enggan menyalurkan kredit di sektor pertanian karena tingkat risiko dan pembayaran kredit yang perlu disesuaikan dengan masa panen," terangnya.

Dikatakan Adam, Partai Golkar Sidoarjo akan membawah aspirasi petani ini ke DPP pusat Partai Golkar agar dapat direalisasikan keluhan para petani yang notabene pahlawan dalam menjaga ketahanan pangan negara.

Sementara itu Ngadiono, Ketua Gapoktan Desa Penjangkungan, Kecamatan Prambon, Sidoarjo mewakili penerima bantuan mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diserahkan oleh DPD Partai Golkar Sidoarjo. 

Dengan bantuan hand traktor ini bisa membantu petani untuk meringankan beban biaya selama musim tanam, yang biasanya kami keluarkan biaya sewa sekarang tidak lagi.

"Sangat bermanfaat bantuan (hand traktor red) dari Bapak Adies Kadir dan Golkar Sidoarjo bagi petani. Tidak semua anggota DPR mau turun mendengarkan aspirasi rakyat kecil seperti kami ini, terima kasih Pak Adies Kadir dan Partai Golkar Sidoarjo. Semoga secepatnya juga bisa merealisasikan keluhan petani terkait kebutuhan mesin pompa air dan bantuan mesin tanam padi," harapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar