''Gercep'', 8 Ruas Diperbaiki Satgas Jalan Sidoarjo Dalam Hitungan Hari

Betonisasi jalan di Sidoarjo dikebut (foto : ist)

KBRN, Sidoarjo : Selain betonisasi jalan, Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (DPUBMSDA) Sidoarjo kini juga menggenjot perbaikan jalan lewat satgas jalan. 

Setidaknya, dalam sepuluh hari ini ada delapan ruas jalan diperbaiki. Plt Kepala Bidang Jalan dan Jembatan DPUBMSDA Sidoarjo Rizal Asnan menjelaskan ada tiga jenis penanganan jalan. 

Pertama, lewat betonisasi. Tahun ini betonisasi dilakukan sepanjang 21 kilometer. Kedua, pemeliharaan jalan dengan aspal tanpa lelang lewat pihak ketiga. 

"Pemeliharaan maupun betonisasi sudah berlangsung, ada yang sudah dikerjakan, ada yang proses lelang," kata Rizal, Jumat (12/8).

Ketiga, perbaikan lewat satgas jalan yang dikelola langsung oleh DPUBMSDA Sidoarjo. Perbaikan lewat satgas ini berlangsung sepanjang tahun. Prosesnya lebih cepat. 

Sebab, begitu ada jalan rusak, satgas langsung melakukan perbaikan. Namun, hanya untuk kerusakan kecil seperti penambalan lubang jalan dan pelapisan aspal pada jalan yang bergelombang. 

Sehingga, tidak sampai membahayakan pengendara. "Setiap hari Satgas terus aktif, paling baru ini perbaikan di Sidokerto Buduran, di Gedangan dan lainnya," jelasnya. Kemarin, perbaikan sudah tuntas. 

Dirinya memerinci, delapan ruas yang baru diperbaiki satgas jalan yakni Jalan Muncul Gedangan, Jalan Sukodono, Jalan Punokawan Krian, jalan Desa Sidokerto, Jalan Desa Sidokepung, Jalan Desa Anggaswangi, Jalan Desa Pagerwojo, dan jalan Wadungasih Waru. 

"Semua perbaikannya sudah tuntas. Seluruh jalan tersebut sebelumnya sudah ditinjau dan memang butuh segera perbaikan. Rata-rata jalan berlubang," tegasnya.

Kondisi kerusakan tidak terlalu parah sehingga cukup perbaikan lewat satgas jalan saja. Rizal menyebut masyarakat juga bisa melapor jika kondisi jalan di tempat mereka rusak dan butuh penanganan segera. 

Laporan jalan rusak juga bisa langsung disampaikan lewat call center 112 milik Pemkab Sidoarjo. Meskipun tidak ada laporan, dirinya menyebut satgas jalan rutin keliling memantau titik jalan yang butuh segera perbaikan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar