Profil Wonderkid Persebaya Supriyadi yang Pernah Belajar di Liverpool Inggris

Foto; Official Persebaya

KBRN. Surabaya : Tidak banyak anak Surabaya bisa mendapat pelatihan sepakbola di Liverpool Inggris. Salah satu yang beruntung itu adalah Mohammad Supriyadi , kelahiran Surabaya 23 Mei 2002 lalu.

Kesempatan itu datang saat ia tampil sebagai pemain Sepakbola Timnas Indonesia U-16, dimana Muhammad Supriadi mendapat pujian dari Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. Saat memperkuat Indonesia di piala AFF tahun 2017 lalu.

Saat berkunjung ke kota Liverpool Inggris tahun 2017 , Risma menjajagi kerjasama sister city yang salah satunya kerjasama di bidang olah raga, khususnya Sepakbola.

Walikota Surabaya itu berhasrat menyekolahkan Supriadi ke akademi sepakbola yang ada di Kota Liverpool. 

"Kita ingin kirim Supriadi itu belajar ke Liverpool. Di sana, ada sekolah bagus untuk pemain yang ingin jadi pesepakbola profesional. Anak-anak dari seluruh dunia, banyak yang belajar di sana," kata Risma, saat menerima kunjungan balasan Walikota Liverpool Mr.Joe Andersen bulan Maret 2018.

Kesempatan itu tidak disia siakan Supriyadi, bersama 9 anak anak muda kota Surabaya lainnya, yaitu : Alfiyan, Arvalito, Aprilio, Bima putra, Haekal, Aliman, Raditya, dan Resta serta Saptian Dwi Wicaksono berangkat ke Liverpool untuk belajar bola. .Mereka mendapat pelatihan di Club' Transmerre di kota Liverpool. 

Usai ikut pelatihan itu, M.Supriyadi bergabung di Tim Junior Persebaya dengan costum hijaunya pada tahun 2019. Pada saat itu ia juga dipanggil kembali memperkuat tim PSSI U 19 dan mempersembahkan 5 gol untuk timnas.

Ketika pertandingan uji coba melawan Qatar di stadion SRC MLADIST, Cakovec. Tim Garuda muda (17/9/20) U 19 menang 2-1 berkat permainan cantik M.Supriyadi. Setelah tertinggal 0 -1. Indonesia tampil menyerang. Supriyadi dijatuhkan di kotak penalti oleh pemain Qatar berbuah penalty yang di eksekusi Brylian Aldama dengan baik. Bahkan babak ke 2 Supriyadi sendiri yang menjebol gawang lawan, membuat Indonesia unggul 2-1.

Saat ini laki laki dengan tinggi 1,64 meter ini memperkuat Persebaya dengan nomor punggung 11 di liga utama (BRI Liga 1) 2021/2022. Posisi yang ditempatinya adalah Winger, sayap kiri.

Atas kerjasama yang sudah terjalin, kemarin (1/12) Duta besar Inggris Owen Jenkins hadir di Surabaya dan meninjau sekolah sepak bola di Stadion Gelora 10 Nopember, . Ia menyambut baik kerjasama sister city Surabaya dan Liverpool.

Sementara Walikota Surabaya Eri Cahyadi mengucapkan terimakasih atas kerjasama yg terjalin, khususnya dengan Liverpool dan Transmerre Rovers sebagai klub yang telah membagi ilmunya pada anak anak kota Surabaya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar