Jadwal FIFA Matchday Berubah, Persebaya Minta Pemain Diberi Jeda Waktu Dua Hari

Foto ; Official Persebaya

KBRN, Surabaya ; PSSI telah merilis pasti pertandingan FIFA Matchday Timnas Indonesia vs Timor Leste yang berlangsung di Bali digelar  pada 27 dan 30 Januari 2022. Salah satu klub yang akan merasakan dampaknya adalah Persebaya Surabaya. Sebab tercatat ada lima pemain yang dipanggil timnas dan langsung menjalani pemusatan latihan di Bali yakni Ernando Ari, Rizky Ridho, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, dan Marselino Ferdinan.

Pelatih Persebaya Aji Santoso menjelaskan hingga kini belum ada solusi yang diberikan PSSI dan PT LIB, apakah ada penyesuaian jadwal pertandingan bagi Persebaya. Pihaknya berharap segera ada kejelasan sehingga tujuan timnas tercapai dan klub tidak dirugikan.

" Pertandingan FIFA matchday saya dengar akan ditunda pasa 27 dan 30. Tentunya yang penting kita bisa win-win solution artinya jadwalnya harus disesuaikan jadwal Persebaya. Bagaimanapun juga sudah pernah saya sampaikan antara PSSI, timnas dam klub sama sama punya kepentingan untuk menggunakan jasa mereka. Apalagi pemain kami ada 5 pemain yang dipanggil," jelas Aji Santoso.

Menurut Aji Santoso penjadwalan ulang pertandingan harus mempertimbangkan kondisi pemain. Artinya tidak terlalu lama ataupun terlalu cepat. Aji mengatakan idealnya ada jeda waktu minimal dua hari agar pemain bisa ada jeda waktu mengembalikan kondisi pemain.

" Tentunya saya sangat berharap kebijakan federasi jadwal LIB menyesuaikan jadwal Persebaya main tanggal 29. Kan tidak mungkin tanggal 29 main di kami, tanggal 27 main disana, 28 istirahat, 29 dan 30 main, itu tidak mgkn. Paling tidak menurut saya paling efektif tidak mungkin menunda terlalu lama. Jangan 1 hari, kalau tanggal 27 seharusnya main jangan 28, tetapi tanggal 29 karna harus ada istrht. Kalau istirahat 2 hari fisik pemain cukup," tambahnya.

Aji Santoso juga secara tegas mengatakan tidak ada unsur tidak mendukung timnas. Justru ia merasa bangga karena saat ia melatih, banyak pemain Persebaya yang dipanggil timnas.

" Salah kalau ada orang mengatakan saya pribadi atau Persebaya tidak support timnas. Hanya saja yang saya inginkan sama-sama bisa makai. Saya bangga di era saya jadi pelatih ada 5 pemain yang dipanggil timans. Bagi saya suatu kebanggan. Akan tetapi kami minta jadwalnya disesuaikan kita juga, tidak minta mundur lama. Umpanya 28 seharusnya main paling tidak mundur 2 hari jangan sehari," tutup Aji Santoso.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar