Buka Cabor Angkat Besi Porprov, Nabil Optimis Muncul Lifter-Lifter Lain Dari Pacitan

Foto;

KBRN, Situbondo; Ketua Umum KONI Jatim, M Nabil membuka pertandingan cabang olahraga (cabor) angkat besi Porprov Jatim VII/2022 di Aula SMPN I Situbondo, Minggu (26/6/2022).

Nabil optimis para lifter yang berlaga di porprov tahun ini bisa mengukir prestasi gemilang. Bakal muncul lifter-lifter tangguh, seperti Luluk Diana, asal Pacitan.

"Saya yakin dari porprov ini, akan muncul Pacitan, Pacitan yang lain. Semua bisa, asal ada kemauan dari atlet sendiri," katanya kepada wartawan usai pembukaan pertandingan cabor angkat besi porprov VII/2022.

Menurutnya, sebagai sesuatu refleksi baru bahwa angkat besi berlaku di semua kabupaten/kota, maka cabor ini sudah mulai bermunculan atlet. Porprov akan menjadi ajang pembuktian prestasi atlet sebelum merangkak ke jenjang lebih tinggi lagi.

"Prestasi tak hanya berhenti di daerah saja. Luluk jadi inspirasi atlet lain di luar Pacitan. Pelan tapi pasti, dari Jatim untuk internasional," ujarnya.

Karena itu, Nabil meminta pengprov PABBSI Jatim untuk menggelar banyak even di daerah. Harus ada even untuk mengasah kemampuan dan pengalaman bertanding atlet.

"Kalau tidak multi even, ya bisa mengadakan single even. Pokoknya sebisa mungkin even-even angkat besi diperbanyak," tuturnya seraya berharap ada ada lompatan-lompatan rekor di porprov 2022.

Seperti diketahui, atlet angkat besi (lifter) putri asal Pacitan, Luluk Diana berhasil meraih juara di kelas 49 kg putri dalam ajang International Weightlifting Federation (IWF) Youth World Championship 2022 di Leon, Guonojuoto, Meksiko,  Senin waktu setempat atau Selasa (14/6/2022) dini hari Waktu Indonesia Barat.

Pada kejuaraan yang diikuti 205 lifter dari 39 negara itu, remaja kelahiran Pacitan, 9 Agustus 2005 tersebut menjadi yang terkuat dengan angkatan Snatch 75 kg, dan Clean & Jerk 95 kg sehingga meraih total angkatan 170 Kg. 

Luluk unggul atas atlet asal Polandia, Oliwia W. Drzazga yang berada di posisi kedua dengan total angkatan 161 Kg (Snatch 70 Kg dan Clean & Jerk 85 Kg). Sementara peringkat ketiga ditempati atlet tuan rumah (Meksiko) yakni Gonzalez J. Lopez dengan total angkatan 153 Kg (Snatch 68 Kg, Clean & Jerk 85 Kg).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar