Lolos Final, Basket Surabaya Ingin Kawin Emas

Foto; Media Porpov VII/2022 Jatim

KBRN, Surabaya ; Kota Surabaya masih menunjukkan keperkasaannya di cabang olahraga bola basket pada ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Jawa Timur 2022.

Tim putra maupun putri sama-sama lolos ke babak final dan berpeluang kembali mengawinkan medali emas sama seperti Porprov 2019 lalu.

Di babak semifinal, tim putri membuka jalan ke final usai mengalahkan tuan rumah Kabupaten Jember dengan skor 82-47 di GOR Garuda, Selasa 28 Juni 2022.

Kemudian, tim putra menyusul usai menang telak atas Kabupaten Ngawi dengan skor 120-60.

Sejak kuarter awal, Kota Surabaya ingin memenangkan pertandingan dengan skor besar. Terbukti, pertahanan tinggi diterapkan untuk mempersempit pergerakan lawan. Bola lawan itu kemudian dimanfaatkan Surabaya melalui skema fast break baik melalui paint area maupun tembakan tiga angka. Hasilnya, Surabaya unggul 40-16.

Di kuarter kedua, Surabaya masih menerapkan skema yang sama. Sayangnya, komunikasi yang kurang baik membuat pertahanan mampu ditembus para pemain Ngawi. Tercatat, Ngawi mampu mencetak dua kali tembakan tiga poin.

Namun, lengkapnya materi pemain Surabaya dengan postur yang lebih tinggi mempermudah untuk menambah angka. Surabaya unggul 65-29.

Usai jeda istirahat, Kota Pahlawan memperbaiki kesalahan yang terjadi dengan memperbaiki komunikasi antar pemain. Lagi-lagi skema pressing ketat yang diterapkan mampu memutus pergerakan bola Ngawi. Hasilnya, Surabaya mampu menambah 41 poin sedangkan Ngawi hanya 11 poin yang membuat skor menjadi 106-40 di kuarter ketiga.

Di kuarter pamungkas, tim tamu justru berbalik bangkit bermain nothing to lose untuk menembus pertahanan ketat Surabaya. Walau mampu menambah poin lebih banyak, Ngawi gagal membalikkan keadaan. Pertandingan pun berakhir dengan skor 120-60.

Pelatih Surabaya Dhimas Aniz Setiaputra mengaku, kurang puas dengan hasil yang ada karena timnya masih kebobolan banyak angka.Ia menilai, terjadi miss komunikasi antar pemain yang membuat pemain lawan bisa mencetak banyak angka.

"Sebenarnya kurang puas karena masih kemasukan banyak. Pemain kurang konsisten di kuarter dua kecolongan banyak. Saya sudah tekankan ke pemain bahwa defense yang bagus membuat offense nyaman," jelas Dhimas.

Untuk itu, ia mengatakan, akan memperbaiki kekurangan yang ada. Sehingga, pada laga final besok melawan Kota Malang bisa meraih kemenangan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar