Evaluasi Dua Tahun Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin, HMI Kediri Sampaikan 5 Tuntutan

Evaluasi Dua Tahun Pemerintahan Jokowi-Ma

KBRN, Kediri: Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kediri menggelar unjuk rasa di depan Balai Kota Kediri, Kamis (21/10/2021). Dalam aksi ini, ada sekitar 40 pendemo yang datang dengan membawa beberapa spanduk. Seperti bertuliskan 'Apa Kabar Kediri', 'Cukup Atiku Sing Ambyar, Negoroku Ojo', 'Wujudkan Birokrasi Yang Sehat', dan 2 Tahun Indonesia Mundur' 

"Aksi kami ini untuk memberikan tanggapan atas pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma'ruf Amin selama 2 tahun ini. Kami dari mahasiswa, menagih janji politik Pak Jokowi," kata Koordinator Lapangan (Korlap) Aksi, Dicky Aris Setiawan, saat melakukan unjuk rasa di depan Balai Kota Kediri, Kamis (21/10/2021).

Dalam aksi tersebut, rinci Dicky, beragam tuntutan mahasiswa di antaranya mewujudkan pendidikan yang humanis, mengedepankan prinsip ekologis dalam hal pembangunan fasilitas umum. Kemudian, mewujudkan reformasi agraria yang sejati, menolak tindakan kekerasan aparat kepada masyarakat melalui Pakta Integritas dan himbauan ini disampaikan kepada seluruh jajaran TNI dan Polri setingkat KotaKediri 

"Tuntutan terakhir, yakni mewujudkan reformasi birokrasi Pemerintah Kota Kediri yang sehat tanpa nepotisme," katanya.

Untuk diketahui, unjuk rasa puluhan mahasiswa ini juga sempat diwarnai aksi dorong karena mereka ingin masuk ke Balai Kota Kediri dan bertemu dengan Walikota Kediri, sebagai orang nomor satu di Kota Kediri.

Namun, karena pengamanan yang ketat dan kesigapan petugas Polres Kediri Kota bersama anggota Srikandi Polwan, dibantu dengan Satpol PP Kota Kediri, maka giat unjuk rasa ini tidak sampai berlangsung anarkis.

Bahkan, ungkap mahasiswa yang juga Sekretaris HMI Cabang Kediri itu,bdi lokasi unjuk rasa ini sejumlah mahasiswa diizinkan bertemu dengan perwakilan Walikota Kediri.

"Alhamdulillah, aspirasi yang kami sampaikan sudah mendapat apresiasi sangat baik. Bahkan tadi, setelah bertemu dengan perwakilan Pak Walikota Kediri, kami akan dijadwalkan bertemu langsung Pak Walikota Kediri," katanya.

Sementara itu, menanggapi aksi tersebut, Asisten Administrasi Umum Pemerintah Kota Kediri, Nur Muhtar, mengatakan, ikut memberi apresiasi atas aspirasi yang disampaikan para mahasiswa.

"Tadi kami berjanji akan segera menyampaikan aspirasi mahasiswa tersebut kepada Bapak Walikota Kediri," katanya.(ac) 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00