Berikut 10 Korban Erupsi Semeru yang Berhasil Diindentifikasi

Kedatangan jenazah korban erupsi di Posko Antemortem

KBRN, Lumajang : Proses evakuasi terus dilakukan terhadap korban erupsi Gunung Semeru. Dari 30 jenazah yang diterimatim Disaster Victim Investigation (DVI). Dari 30 jenazah tersebut, 10 jenazah diantaranya telah teridentifikasi dan dikembalikan pada keluarga. 

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Pusat Kedokteran dan Kesehatan Kepolisian RI Brigjen Pol Rusdianto. Ia menyatakan, perhari ini total 30 jenazah telah diterima tim DVI. 10 jenazah berhasil diidentifikasi, 10 jenazah dalam proses identifikasi, dan 10 jenazah lagi dalam pemeriksaan postmortem. 

"Sudah ada yang teridentifikasi dan sebagian dikembalikan pada keluarga," ujarnya, Selasa (7/12). 

Ia menjelaskan operasi yang dilakukan akan panjang mengingat kondisi lokasi yang cukup berat sehingga tim diterjunkam secara bergantian.

Brigjen Pol Rusdianto juga mengingatkan kepada masyarakat yang kehilangan keluarganya bisa langsung mendatangi Posko di RSUD Haryoto.

"Bisa melaporkan kemari, kita ambil datanya sebelum kematian atau antemortem," paparnya.

Sementara itu, Kabid Dokkes Polda Jatim Kombes Pol Erwin Zainul Hakim menjelaskan, dari 10 jenazah yang teridentifikasi itu, 6 diantaranya berjenis kelamin laki-laki dan 4 jenazah diantaranya adalah perempuan. 5 jenasah pun telah dikembalikan pada pihak keluarga. 

Kelima jenazah yang telah dikembalikan itu, dapat dikenali dengan mudah secara visual oleh pihak keluarga. Setelah dicocokan oleh Tim DVI, kelima jenazah pun diserahkan pada pihak keluarga. 

Ia menyebut, 10 jenazah yang sudah teridentifikasi itu antara lain, 5 jenazah pertama sudah dikenali secara visual oleh keluarga: 

1. Bahul Triono (33), laki-laki, warga Curah Kobokan.2. Luluk (49), perempuan, warga Curah Kobokan3. Hiatipak (60), perempuan, warga Curah Kobokan4. Paidi (70), laki-laki, warga Curah Kobokan5. Ponirah (55), perempuan, warga Curah Kobokan. 

"Jenazah ke 6, adalah pasien luka bakar yang meninggal di ICU, yang ini kita masukkan dalam klasifikasi teridentifikasi, adalah, Edi pramono umur 35 tahun, laki-laki, warga Pronojiwo," ujarnya. 

Ia menambahkan, 4 jenazah berikutnya teridentifikasi dengan sekunder 2, yakni berdasarkan ciri medis dan properti antara lain:1. Dafa (15), laki, warga Kajar Kuning2. M Rohim (35), laki-laki, warga Dusun Sumber Wuluh3. Noman (19), perempuan, warga Dusun Sumber Wuluh4. Alfan (23), laki-laki, warga Dusun Sumber Wuluh 

"Hari ini proses 3 jenazah lagi, mohon partisipasi masyarakat yang merasa kehilangan keluarga, bisa mendatangi posko," tegasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar