Kado HUT Ke-75 Megawati, PDIP Kabupaten Kediri Tanam 500 Pohon

Kado HUT Ke-75 Megawati, PDIP Kabupaten Kediri Tanam 500 Pohon. (Foto: istimewa)
Prosesi jelang penanaman pohon di Sumber Petuk Tlogo Agung, Desa Tugurejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri. (Foto: istimewa)

KBRN, Kediri: Bertepatan dengan rangkaian peringatan HUT ke-49 PDIP, DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kediri pada tanggal 23 Januari 2022 memberikan kado spesial kepada Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri yang pada Minggu ini memperingtau HUT ke-75. Hal tersebut diwujudkan dengan menggelar penanaman 500 bibit pohon di Sumber Mata Air, bernama Sumber Petuk Tlogo Agung, di Desa Tugurejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, Minggu (23/1/2022).

"Kegiatan penanaman 500 bibit pohon di Sumber Petuk Tlogo Agung, Desa Tugurejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri ini merupakan agenda kedua untuk Gerakan Moral Peduli Lingkungan, setelah pekan lalu  terlaksana di Sumber Toto, Tentrem, Karto, Raharjo di Kecamatan Gurah. Hal ini diadakan sebagai rangkaian peringatan HUT ke-49 PDI Perjuangan. Namun dalam acara di Sumber Petuk Tlogo Agung ini, kami bersama para kader maupun PAC memberikan ucapan Selamat Ulang Tahun ke-75 kepada Ibu Megawati Soekarnoputri. Semoga beliau selalu diberi limpahan rahmatNYA, sehat, dan kami menyampaikan terima kasih atas arahan serta bimbingan beliau agar pada peringatan HUT tahun ini tak hanya fokus pada bidang politik, tapi juga melestarikan alam sekitar," kata Ketua DPC PDIP Kabupaten Kediri, Murdi Hantoro, saat menggelar Bakti Sosial Penghijauan dalam rangka HUT ke-49 PDIP Kabupaten Kediri, di Sumber Petuk Tlogo Agung, Desa Tugurejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, Minggu (23/1/2022).

Pria yang juga Ketua Komisi 1 DPRD Kabupaten Kediri ini menjelaskan, bahwa realisasi penanaman pohon yang didukung oleh Muspika Ngasem bersama masyarakat itu, sekaligus bentuk kepedulian kepada alam.

"Langkah ini, adalah wujud nguri-uri alam sekitar, menjaga sumber mata air dari tangan-tangan jail, baik menjaga secara fisik maupun secara hukum," katanya.

Dari segi fisik, tambah Murdi, sumber mata air patut dirawat dengan baik, dan dijaga kelestariannya agar sampai kapanpun tetap eksis serta bisa dirasakan manfaatnya oleh generasi mendatang. Ke depan, setelah penanaman pohon yang dilakukan pada musim penghujan, maka tahap berikutnya adalah perawatan dan terus ditinjau bagaimana kondisi bibit pohon yang telah ditanam agar selalu tumbuh dan berkembang.

"Penanaman pohon ini bentuk sumbangsih kami dari segi fisik, sedangkan dari segi hukum, ki dari Fraksi PDIP akan mengusulkan pembuatan Raperda untuk penyelamatan sumber Mata Air di Kabupaten Kediri. Kami yakin, kalau kita menjaga alam, insya Allah, alam akan merawat kita," kata Murdi.

Hadir dalam kegiatan penanaman ratusan pohon ini, Ketua DPRD Kabupaten Kediri, Dodi Purwanto.

Dodi mengaku, sangat mendukung diwujudkan Raperda Penyelamatan Sumber Mata Air di Kabupaten Kediri.

"Tadi dalam sambutan Pak Murdi, Ketua DPC PDIP Kabupaten Kediri disebutkan di wilayah ini ada 376 sumber mata air yang perlu dijaga kelestariannya. Nah, dengan usulan Raperda Penyelamatan Sumber Mata Air, kami sangat mendukung dan akan mengawal hal itu," katanya.

Dodi optimis, dengan diusulkannya Raperda Penyelamatan Sumber Mata Air maka ada payung hukum yang mengikat, serta bakal memberi perlindungan bagi kondisi sumber mata air di Kabupaten Kediri.

Untuk diketahui, kegiatan penanaman tersebut diawali dengan apel bersama para kader, penyampaian ucapan selamat HUT ke-75 kepada Megawati Soekarnoputri, sambutan Ketua DPC PDIP Kabupaten Kediri, sambutan Perwakilan Muspika, dan penanaman secara simbolis di Sumber Petuk Tlogo Agung.(ac)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar