Tertibkan Masyarakat, Polres Kediri Kota Resmikan Mobil INCAR

Tertibkan Masyarakat, Polres Kediri Kota Resmikan Mobil INCAR. (Foto: istimewa)

KBRN, Kediri: Kepolisian Resort (Polres) Kediri Kota terus melakukan upaya agar masyarakat di Wilayah Hukum Kota Kediri semakin tertib berlalu lintas. Selain melakukan sosialisasi pentingnya patuh rambu lalu lintas, pengguna jalan di wilayah Kota Kediri juga diawasi Integrated Node Capture Attitude Record atau INCAR. 

INCAR adalah perangkat digital mobile berisikan kamera CCTV dan detektor pelanggaran yang kekinian disematkan di mobil patroli Sat Lantas Polres Kediri Kota. Pengendara yang melanggar lalu lintas dapat direkam dan diidentifikasi secara langsung oleh petugas melalui mobil Polantas yang sedang berpatroli. 

Kasat Lantas Polres Kediri Kota AKP Pandri Simbolon menyatakan, mobil INCAR mulai beroperasi pada 1 Juni 2022. Sejak Senin (23/5) hingga Selasa (31/5) Petugas Satlantas Polres Kediri Kota akan mensosialisasikan terkait keberadaan mobil INCAR ini. 

"Mobil INCAR ini untuk mendeteksi pelanggaran yang dilakukan pengguna jalan," ungkap Kasat Lantas Polres Kediri Kota, AKP Pandri Simbolon, di Kota Kediri, Rabu (25/5/2022).

AKP Pandri menambahkan, mobil patroli yang dilengkapi teknologi INCAR akan berpatroli mulai pagi hingga malam. Tak hanya mengawasi dan menindak pelanggar lalu lintas, patrol ini sekaligus melaksanakan patroli titik rawan kriminalitas.

Lebih lanjut, Mobil INCAR menyasar kendaraan yang melanggar peraturan lalu lintas, seperti tidak memakai helm, berboncengan melebihi kapasitas, menerobos rambu lalu lintas. Pelanggar yang terdeteksi melalui INCAR juga akan mendapatkan pemberitahuan melalui surat yang dikirim melalui kantor pos. 

"Dalam surat itu sudah ada sanksi denda sesuai pelanggarannya," kata Pandri.(ac)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar