KNPI Kota Kediri Tanam Ratusan Pohon Di Sumber Tretes

KNPI Kota Kediri Tanam Ratusan Pohon Di Sumber Tretes.(Foto: istimewa)
Ketua KNPI Kota Kediri, Reza Darmawan. (Foto: Ayu Citra)

KBRN, Kediri: Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Kediri menggelar penanaman ratusan bibit pohon di Sumber Mata Air Tretes, di Kota Kediri, Minggu (26/6/2022).

Hadir dalam kegiatan ini, Ketua KNPI Kota Kediri, Reza Darmawan, panitia pelaksana serta segenap pemuda peduli lingkungan.

Ketua Pelaksana Dimas Ribut Sandy Pradipta menyatakan, secara total yang berpartisipasi dalam agenda penanaman bibit pohon dan pelaksanaan konservasi di Sumber Tretes mencapai 150 peserta. Mereka datang dari berbagai lapisan masyarakat dan komunitas pemuda peduli lingkungan.

"Pemilihan bibit pohon, kami sesuaikan dengan kondisi di lingkungan ini. Beberapa pohon ini di antaranya pohon Trembesi 200 batang, Mahoni 100 Mangga 50 batang, Bambu 50 batang, Nangka 50 batang," kata Dimas.

Ia meyakini, untuk penanaman bibit pohon Trembesi, dipastikan berfungsi sebagai penyimpan cadangan air. Sementara untuk bibit pohon Mangga dan Nangka, maka ke depan hasil buahnya bisa dinikmati sejumlah Satwa Primata yang tinggal di kawasan Sumber Tretes.

"Kami percaya dengan kegiatan semacam ini bisa meningkatkan semangat kaum muda untuk peduli dan lebih mencintai alam," katanya.

Di tempat sama, Ketua KNPI Kota Kediri, Reza Darmawan menambahkan, penunjukan tempat konservasi dan penanaman pohon ini di Sumber Tretes, di Kawasan Gunung Klotok Kota Kediri secara tidak langsung juga bertujuan untuk mengenalkan salah satu potensi aset daerah yang bisa dikembangkan sebagai destinasi wisata bagi masyarakat.

Apalagi dalam acara tersebut ikut dihadiri perwakilan Pemkot Kediri, seperti Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan dan Pertamanan (DLHKP) serta Dinas Kebudayaan, Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) setempat. 

"Sebagai warga Kota Kediri, saya baru pertama kali berkunjung ke lokasi Sumber Tretes. Kesan selama melakukan perjalanan pendakian ke lokasi sekitar 2 kilometer, saya sangat takjub dengan pesona alam yang disuguhkan. Alhamdulillah hal ini juga memunculkan antusias luar biasa dari peserta yang datang. Semoga kegiatan semacam ini dapat menjadi rutinitas," katanya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan dan Pertamanan (DLHKP) Kota Kediri, Anang Kurniawan, melanjutkan, pihaknya memberikan apresiasi kepada KNPI Kota Kediri di bawah kepemimpinan Reza Darmawan sebagai wujud nyata pemuda untuk peduli terhadap alam dan lingkungan sekitar dengan cara menanam ratusan pohon di area Sumber Tretes. 

"Sumber Tretes di Gunung Klotok ini sangat istimewa, dan, sesuai yang telah disampaikan Mas Reza ini merupakan pengalaman pertama kali kami datang kesini, dan ternyata asyik sekali ada batu-batuan kemudian tanjakan tentunya kawasan ini bisa menjadi salah satu tempat untuk healing ( berlibur, red)," katanya.

Anang optimis, upaya yang diinisiasi KNPI Kota Kediri dengan menghidupkan kembali sumber mata dan debit air yang berada di Sumber Tretes mampu menjadi sarana edukasi masyarakat untuk menjaga dan memanfaatkan alam dengan sebaik-baiknya. Sebab, pada saat ini air di Sumber Tretes masih dimanfaatkan masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari yang dikelola oleh PDAM Kota Kediri.(ac)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar