Pelari Marathon Hilang di Gunung Arjuno Ditemukan Selamat

Pelari Marathon Hilang Di Gunung Arjuna Ditemukan Kondisi Selamat (istimewa)

KBRN, Surabaya : Seorang pelari marathon yang dikabarkan hilang di Gunung Arjuno telah ditemukan tim SAR gabungan dalam keadaan selamat pada Selasa (05/07). Survivor atas nama Yurbianto (46) asal Jakarta itu ditemukan di sekitar Puncak Budug Asu. 

“Ketika ditemukan survivor dalam keadaan kedinginan dan oleh tim SAR gabungan dievakuasi menuju RS Prima Husada Lawang untuk penanganan lebih lanjut” jelas Haris Supardi, Kepala Seksi Operasi Kantor SAR Surabaya.

Sebelumnya, Yurbianto dikabarkan hilang saat acara marathon Mantra Summit Challenge di Gunung Arjuno. “Seharusnya jam 7 malam semua peserta melapor ke posko utama namun hingga esok harinya survivor belum terlihat sampai posko” tambah Haris mengkonfirmasi kejadian tersebut.

Awalnya 6 Search and Rescue Unit (SRU) dikerahkan menuju lokasi koordinat SOS yang sempat dikirimkan oleh Yurbi. Proses evakuasi ini terhalang oleh medan dan jarak yang cukup jauh sehingga proses tim SAR gabungan menuju lokasi membutuhkan waktu yang lama. 

Selasa (05/07) pukul 12.00 WIB, tim siaga Kantor SAR Surabaya mendapatkan telepon dari teman Yurbi yang menginformasikan bahwa ia mendapat kabar dan lokasi terbaru dari survivor yakni sekitar Kebun Teh sejauh 6.2 km dari posko SAR. Seluruh SRU dikerahkan menuju titik koordinat yang dikirimkan dan memberi instruksi pada survivor untuk sebisa mungkin tidak menjauh dari titik koordinat yang disampaikan. 

Pukul 17.00 WIB posko memberangkatkan 2 SRU tambahan menuju lokasi survivor sebelum akhirnya tim SAR gabungan menemukan korban pada pukul 21.00 WIB. Pada pukul 03.45 WIB survivor kemudian dibawa ke RS Prima Husada Lawang dan dipertemukan kembali dengan istrinya pada pukul 04.00 WIB. Informasi yang dihimpun dari survivor dirinya keluar dari jalur lintasan akibat cuaca hujan deras. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar