Mantan Kadinsos Kota Kediri Dan Pendamping BPNT Ditahan

Mantan Kadinsos Kota Kediri Dan Pendamping BPNT Ditahan. (Foto: istimewa)

KBRN, Kediri: Mantan Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kota Kediri, berinisial  TKP dan pendamping Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) resmi dijebloskan ke rumah tahanan, Kamis (20/1/2022). Keduanya diamankan karena diduga terlibat dalam kasus tindak pidana korupsi BPNT Kemensos Tahun Anggaran 2021.

"Penahanan dua tersangka kasus korupsi BPNT ini setelah hasil Swab PCR dinyatakan negatif, dan per hari ini (20/1) mereka mendekam di ruang tahanan Polres Kediri Kota," kata Kepala Kejari Kota Kediri, Sofyan Selle, S.H., MH, saat penahanan dua tersangka, di Kota Kediri, Kamis (20/10/2022).

Sofyan menjelaskan, hasil Swab PCR keduanya kian memberikan sikap untuk mempercepat proses pemeriksaan terhadap saksi maupun ahli dan sejumlah barang bukti. Hal ini membuat penyidik mengalihkan jenis penahanan dari penahanan rumah ke tahanan rutan.

"Kemarin memang dua tersangka ini sempat mendapat hasil positif Covid-19, usai dilakukan tes swab antigen. Tapi kami tindak lanjuti pada pemeriksaan tes selanjutnya, yakni Swab PCR Test dan kini hasilnya negatif Covid-19," katanya.

Dalam tindak pidana korupsi ini, lanjut Sofyan, kedua tersangka bersepakat meminta fee berupa uang kepada pihak ketiga atau supplier bahan pokok untuk program BPNT di Kota Kediri.

"Besaran fee ini mempunyai varian hitungan tersendiri, dan antara mantan Kadinsos dan pendamping BPNT, punya nominal sendiri," katanya.

Diketahui, permintaan fee kepada supllier itu terjadi pada periode Juni 2020 sampai dengan September 2021, sedangkan nominal fee yang diterima oleh kedua oknum ini mencapai sekitar Rp 1,4 Miliar.(ac)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar