Baca Burdah Peringati Malam Asyuro Berharap Covid-19 Berhenti

Suasana acara baca burdah malam Asyuro

KBRN, Surabaya : Memperingati malam 10 Muharam (Asyuro), jamaah Masjid Al-Hidayah Celep Sidoarjo, membaca shalawat burdah beserta doa khusus Asyuro supaya masa pandemi Covid-19 segera berhenti.

Pembacaan shalawat burdah sebanyak 160 bait lebih, dipimpin ustad Abdul Latif, kemudian dilanjutkan tausiah oleh ustad Mahfudi dan doa Malam Asyuro dibacakan ustad Achmady Romli.

“Kegiatan membaca shalawat burdah pada malam Asyuro ini, selain bertepatan dengan acara syuroan, juga ikut prihatin dengan masa pandemi Covid-19, terutama Kabupten Sidoarjo masih zona merah, kami ikhtiar supaya segera  berhenti,” kata panitia acara, A. Murtadlo.

Menurut pengurus Takmir Masjid Al-Hidayah ini, sesuai tetenger Malam Asyuro, dimana Allah SWT membebaskan para nabi dari kesulitan menjadi kemudahan, dari musibah menjadi selamat, “Maka para jamaah juga memohon Covid-19 segera berhenti, dan kesulitan juga kesusahan masyarakat segera berakhir kemudian seger waras kembali,” katanya, Rabu malam (18/8/2021).

Pembacaan cuplikan shalawat burdah keliling kampung sudah pernah dilakukan sebagaimana diungkapkan remaja masjid Muhammad Sidqi AN, tetapi hanya membaca bait -bait tertentu yang sudah biasa dibaca selama ini, tidak seluruhnya.

“Waktu itu memang ada malam baca burdah keliling kampung sekaligus selamatan, tetapi hanya membaca beberapa bait saja. Apalagi waktu itu mendadak dan situasi benar-benar prihatin dengan Covid-19, banyak warga meninggal dunia,” kata M. Fatih, Kamis (19/8/2021).

Tokoh masyarakat dan tokoh agama, Miftahul Jinan mengatakan sangat senang dengan acara pembacaan burdah secara menyeluruh, “Alhamdulillah rasanya merinding, semoga menjadi obat untuk seluruh umat yang sakit maupun yang sulit, supaya segera sembuh dan bangkit,” tandasnya.

Ustad Mahfudi dalam tausiah mengatakan, malam Asyuro menandai peristiwa para nabi diselamatkan Allah SWT dan beberapa orang Sholihin mendapat derajat mulia di hadapanNya. “Semoga bacaan shalawat burdah virus Corona berhenti, semoga menjadi obat semua hajat,” ujarnya sambil memberi isyarat dengan jempol, Kamis (19/8/2021)

Sebagaimana doa malam Asyuro di antaranya membacakan Pertama, Nabi Adam 'alaihissalam diciptakan dan diterima tobatnya  dari dosa-dosa kekhilafan kepada Allah SWT bertepat dengan Asyuro.

Kedua, Kapal Nabi Nuh selamat dari banjir dunia dan berlabuh bukit Zuhdi dengan selamat.

Ketiga, Nabi Nabi Ibrahim 'alaihissalam selamat dari penyiksaan Raja Namrud, saat dibakar.

Keempat, Nabi Yusuf 'alaihissalam dibebaskan dari penjara Mesir karena terkena fitnah.

Kelima, Nabi Yunus 'alaihissalam dikeluarkan dari perut ikan hiu.

Keenam, Nabi Ayyub 'alaihissalam disembuhkan Allah dari penyakit yang menjijikkan selama bertahun-tahun.

Ketujuh, Nabi Musa 'alaihissalam dan umatnya kaum Bani Israil selamat dari kejaran Raja Fir’aun di Laut Merah.

Kedelapan, Nabi Isa ‘alaihissalam diangkat ke langit, juga pada Asyuro.

Kesembilan, Nabi Ya’cub kembali dapat melihat setekah bertahun-tahun buta.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00