PTQ RRI Madiun Tuntas Digelar, Tiga Peserta Melaju ke Tingkat Nasional

KBRN, Madiun: Lomba Pekan Tilawatil Qur’an (PTQ) LPP RRI Madiun tuntas digelar, Minggu (3/4/2022). Dari cabang Tilawah Putra, Afif Izam Taufiq nomor tampil 23 keluar sebagai juara 1. Remaja asal Kabupaten Madiun itu mendapat nilai 94 dari dewan juri.

Sedangkan juara 1 Tilawah putri diraih Nuzlia Nur Azizah nomor tampil 16, dengan perolehan nilai 93. Nuzlia merupakan perempuan asal Bumi Reyog, Ponorogo. Secara otomatis keduanya berhak mewakili RRI Madiun untuk mengikuti PTQ tingkat nasional, yang tahun ini dilaksanakan di Takengon, Aceh.

Ketua Panitia PTQ LPP RRI Madiun, Miftachul Kharom mengatakan, ada yang berbeda dengan gelaran PTQ tahun ini dibanding tahun sebelumnya. Yakni wakil dari RRI Madiun juara 1 cabang Tahfidz putra juga direkomendasikan untuk berangkat mengikuti PTQ tingkat nasional.

Dia adalah  Achmad Shalahudin Budhi Aji asal Jombang. Remaja nomor tampil 19 itu memperoleh  nilai 96 dari dewan juri. Miftach menyebut, secara umum pelaksanaan PTQ RRI Madiun berjalan lancar.

“Yang menjadi harapan kami mudah-mudahan tahun ini ada kafilah dari RRI Madiun utamanya yang maju ke tingkat nasional menjadi nominator, paling tidak masuk di tiga besar,” kata Miftach.

Perwakilan dewan juri, K.H Mustofa mengungkapkan, semua peserta telah menampilkan yang terbaik. Namun dari masing-masing cabang lomba, hanya dipilih satu orang mewakili RRI Madiun ke korwilnus X Jawa Timur serta PTQ tingkat nasional.

“Dari yang baik pasti ada yang terbaik. Catatan khusus semua tampil baik. Khusus di cabang Tilawah ya, ada yang suaranya bagus, tapi sisi Fashahahnya kurang menunjang. Ada yang Fashahahnya bagus, tajwidnya bagus, tapi ada sisi lagu/suara perlu diperbaiki. Ada yang nada qoror bagus, nada sedangnya bagus begitu nada tinggi kurang bagus. Mungkin letak vokal yang kurang pas yang perlu diperhatikan. Termasuk pengolahan dari sisi lagu supaya lagu ini tampil maksimal harus ada penjiwaan, ini penting supaya nilai bisa maksimal,” ujarnya.

Kepala LPP RRI Madiun, Agus Sukoyo mengapresiasi gelaran PTQ tahun ini yang berlangsung lancar. Bahkan pesertanya pun membeludak hingga 63 orang. Ia berpesan wakil RRI Madiun yang dikirim ke Korwilnus X Jatim maupun tingkat Nasional bisa tampil maksimal, sehingga bisa melahirkan juara.

“Kalau kita lihat pelaksanaannya tadi semuanya sukses. Jadi kita yakin RRI Madiun akan meraih juara di tingkat nasional. Saya berharap para peserta bisa mempersiapkan lagi karena akan bersaing dengan peserta lain, perwakilan RRI se Indonesia,” ungkapnya.

Adapun dari cabang Tahfidz putri juara 1 diraih Najwa Fatikasari nomor tampil 18 dengan perolehan nilai 88,5. Cabang tausiyah putra diraih Febrianto nomor tampil 7 memperoleh nilai 169. Tausiyah putri diraih Nabilah Azfa Fauziyyah nomor tampil 20 mendapat nilai 181. Serta dari cabang Sensorik netra putra diraih Syayyidi Firmansyah dengan nilai 81. Keempat juara itu berhak mewakili RRI Madiun untuk berlomba di tingkat Korwilnus X Jawa Timur. Seperti diketahui lomba PTQ tahun ini secara nasional mengambil tema 'Rahmat Semesta, Pulih Bersama, Bangkit Perkasa'.

Berikut juara PTQ LPP RRI Madiun Tahun 2022 :

- Cabang Tilawah Putra :

  1. Afif Izam Taufiq nilai 94
  2. Burhan Choirul 93,5
  3. M. Miftahul Fa’izin 88,5

- Tilawah Putri :

  1. Nuzlia Nur Azizah 93
  2. Altin Choliatus S 86,5
  3. haya Rafidatun 86

- Cabang Tahfidz Putra :

  1. Ahmad Shalahudin Budhi Aji 96
  2. Nahwa Faadil Basya 81,5
  3. Muhammad Nawa S 60

- Tahfidz Putri :

  1. Najwa Fatikasari 88,5
  2. Putri Adilah H 66
  3. Ainun Nafii’ah 61

- Cabang Tausiyah Putra :

  1. Febrianto 169
  2. Rudi Yuliarso 164
  3. Slamet Rahayu 163

- Tausiyah Putri :

  1. Nabilah Azfa Fauziyyah 181
  2. Alfiyatul Afidah 176,5
  3. Khusnul Hanifah 176

- Cabang Sensorik Netra Putra :

Syayyidi Firmansyah dengan nilai 81

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar