Pascabanjir Malinau, Warga Keluhkan Sakit Lambung, Gatal-Gatal

KBRN, Malinau: Pasca banjir yang melanda belasan desa yang ada di Kecamatan Mentarang Hulu dan Mentarang hingga Kecamatan Malinau Barat dan Malinau Kota, saat ini timbul dampak baru. Kesehatan masyarakat korban banjir mulai terganggu dengan munculnya penyakit kulit dan lambung.

Seperti disampaikan Paris dan Bertha, warga Desa Harapan Maju, Kecamatan Mentarang. Keduanya mengeluhkan sakit lambung dan gatal-gatal.

“Habis banjir, kami gatal semua badan. Ada juga sakit perut karena telat makan pak," tuturnya kepada RRI, Selasa (18/05/21).

Menurut dr Reynard dari Puskesmas Pulau Sapi kecamatan Mentarang yang melakukan pemeriksaan dipusatkan di Desa Paking, tim kesehatan menyebar di beberapa desa pascabanjir untuk melakukan pelayanan pemeriksaan kesehatan warga. Khususnya bagi desa-desa yang warganya terendam banjir cukup parah.

Dari hasil pemeriksaannya di Desa Paking dan Desa Harapan Maju, terdapat beberapa warga yang mengalami sakit lambung. Hal ini bisa terjadi  lantaran mereka telat makan atau makan tidak teratur.

Kemudian ada juga penyakit kulit atau gata-gatal akibat alergi dengan kondisi air banjir.

“Kalau yang sampai parah, nggak ada. Hanya terdapat sakit lambung dan gatal-gatal,” tukasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00