FOKUS: #TANGGAP BENCANA ALAM

BMKG: Jakarta Waspada Sampai 15 September

Ilustrasi / Anak-anak bermain ban karet saat banjir (ANTARA FOTO/Makna Zaezar)

KBRN, JAKARTA: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menetapkan DKI Jakarta sebagai salah satu wilayah yang berstatus level siaga hujan lebat dan bisa berdampak banjir.

Menyusul wilayah Banten, Jawa Barat dan Jawa Timur yang juga berada di level siaga.

“Berdasarkan Prakiraan Cuaca Berbasis Dampak (IBF-Impact Based Forecast) BMKG, potensi dampak bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang dan atau tanah longsor dari cuaca ekstrem hingga tiga hari ke depan yakni tanggal 15 September 2021 untuk level SIAGA,” kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, di Jakarta, seperti dikutip RRI.co.id, Selasa (14/9/2021).

Lebih lanjut dari penuturan Guswanto, dia pun menjelaskan bencana hidrometeorologi disebabkan fenomena Madden Julian Oscillation (MJO), gelombang Rossby Ekuatorial, dan gelombang Kelvin yang terpantau aktif di wilayah Indonesia hingga seminggu ke depan.

“MJO, gelombang Rossby Ekuatorial, dan gelombang Kelvin adalah fenomena dinamika atmosfer yang mengindikasikan adanya potensi pertumbuhan awan hujan dalam skala yang luas di sekitar wilayah aktif yang dilewatinya,” kata Guswanto.

Guswanto menyebut, perkiraan hujan lebat di DKI Jakarta tidak akan berlangsung lama.

"Kalau kita lihat ini hanya berlangsung 14 September sampai dini hari nanti. Kemudian besok itu, peringatan waspada itu sudah ke tempat lain," ujarnya.

"Artinya warning kita untuk (perkiraan) hujan lebat, tanggal 15 September itu sudah pindah ke Sulawesi Barat," pungkasnya. 

Sebagai informasi, BMKG juga memperkirakan potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir/angin kencang dalam periode 13 hingga 20 September 2021 mendatang.

Ada pun sebaran wilayahnya meliputi, Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Bengkulu, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Kalimantan Barat.

Begitu juga wilayah Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, Papua.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00