Puting Beliung Rusak Rumah di Aceh Tenggara

Bencana angin puting beliung merusak dua rumah warga di Aceh Tenggara. Foto : Dok BPBD

KBRN, Kutacane : Bencana angin puting beliung memporak-porandakan bangunan rumah warga yang berada di Desa Bukit Meriah, Kecamatan Leuser, Kabupaten Aceh Tenggara, Aceh, Rabu (22/9/2021). 

Dilaporkan, dua rumah warga rusak dalam peristiwa ini. Terlihat bangunan rumah pada bagian atap roboh setelah dihantam angin puting beliung yang terjadi pada pukul 13.42 WIB itu. 

"Telah terjadi angin puting beliung pada hari Rabu, 22 September 2021 pukul 13.42 WIB di Desa Bukit Meriah, Kecamatan Leuser," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Ilyas di Banda Aceh. 

Bencana ini, sambung Ilyas, terjadi saat wilayah Aceh Tenggara sedang dilanda cuaca ekstrim. "Akibat cuaca ekstrim yang melanda di Kabupaten Aceh Tenggara," ujarnya. 

Berdasarkan pendataan petugas BPBD Aceh Tenggara, dua rumah mengalami rusak berat. "Dampak material satu unit rumah berkontruksi permanen, bagian atap dalam kondisi rusak berat. Kemudian satu unit rumah berkontruksi kayu mengalami rusak berat di bagian atap," sebutnya. 

Dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa karena pada saat kejadian pemilik rumah bernama Zulpiah Saragih (33) dan Evita Siburian (41) dan keluarganya berhasil menyelamatkan diri. 

"Akibat peristiwa ini 13 jiwa dari dua kepala keluarga terpaksa mengungsi ke rumah saudara terdekat," kata Ilyas. 

Lebih lanjut Ilyas menambahkan, dalam upaya penanggulangan bencana angin puting beliung, BPBD Kabupaten Aceh  Tenggara melakukan kajian cepat dan mengerahkan anggota TRC ke lokasi untuk meninjau situasi di lokasi kejadian. Petugas juga ikut mengevakuasi puing-puing bangunan yang terbawa angin. (imr)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00