Waduk Belibis Target Rampung Desember 2021

KBRN, Jakarta: Pengerjaan Waduk Belibis di lahan seluas 3,8 hektar ditargetkan akan rampung pada akhir Desember 2021. Pembuatan Waduk Belibis di wilayah RW 04 Kelurahan Semper Barat, Kecamatan Cilincing sebagai langkah nyata untuk mengantisipasi genangan saat terjadinya hujan dengan intensitas tinggi.

Kasatpel Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Cilincing, Tjahyono Budi Setiawan mengungkapkan, saat ini pengerjaan Waduk Belibis sudah mencapai 80 %. Waduk akan berfungsi menjadi kolam retensi yang mampu menampung air hujan sementara waktu kemudian mengalirkannya kembali secara perlahan hingga bermuara ke laut. 

"Sejak dibangun Waduk Belibis, permasalahan genangan di Jalan Sungai Brantas, Kelurahan Semper Barat sudah mulai teratasi. Sekarang ini, masih dikebut pengerjaannya dengan mengoperasikan alat berat beco, amphibi, dan excavator untuk proses pendalaman hingga 6 meter dan pembuatan tanggul di sekitar Waduk Belibis," ungkap Tjahyono saat dikonfirmasi, Kamis (21/10/2021). 

Tjahyono akan optimis bahwa pengerjaan Waduk Belibis akan selesai pada Desember mendatang. 

"Jika sudah rampung maka kedepannya bisa segera diwujudkan pembuatan pintu air inlet dan outlet di Waduk Belibis dengan sistem buka tutup. Kemudian akses Waduk Belibis bisa dilengkapi dengan hadirnya ruang terbuka hijau, ekowisata, area parkir, dan sebagainya," harapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00