Tips Membersihkan Rumah Pasca Terendam Banjir

KBRN, Samarinda: Hujan dengan intensitas tinggi dan meningkatnya debit air di Waduk Benanga memicu terjadinya banjir yang terjadi di Kota Samarinda, Kalimantan Timur pada Senin (18/10) sampai hari ini Jumat (22/10/2021). 

Ketika banjir mulai surut, pekerjaan berat yang menanti adalah membersihkan rumah dan isinya. Namun ternyata, hal itu tidak dapat dilakukan sembarangan. Pada intinya, membersihkan rumah pasca banjir harus dilakukan secepat mungkin. Menunda aktivitas ini hanya akan meningkatkan potensi masalah kesehatan.  

Dilansir dari berbagai sumber, berikut sejumlah tips agar rumah yang sempat terendam banjir bebas dari jamur dan bakteri:

1. Cek kondisi Sebelum memulai membersihkan rumah, cek dahulu kondisi fisik rumah. Tandai apabila ada kerusakan pada dinding, pondasi, ataupun kabel listrik.  

2. Menghilangkan semua air yang tersisa dengan segera, bisa menggunakan pel karet atau serokan untuk melakukannya. 

3. Bersihkan lumpur yang masih melekat di lantai. Agar lebih efektif, Anda dapat membilasnya dengan air, karbol, cairan pel, atau bahkan cairan disinfektan. Dengan begitu, bau air kotor di dalam rumah bisa diminimalisasi.

4. Membersihkan tembok. Tembok adalah bagian tersulit untuk dibersihkan setelah banjir melanda. Anda harus memastikan area tersebut benar-benar kering agar tidak ditumbuhi jamur. 

5. Bersihkan karpet, karpet adalah barang yang wajib dibersihkan setelah banjir. Seperti lantai, gunakan cairan disinfektan untuk memastikan karpet bebas dari bakteri.  

6. Buang barang yang rusak.  Apabila ada barang yang rusak karena banjir, sebaiknya jangan disimpan. The National Center for Healthy Housing merekomendasikan barang tersebut untuk dibuang karena berpotensi menimbulkan penyakit.

7. Atur ventilasi, mulailah dengan membuka jendela dan menggunakan kipas angin, agar terjadi sirkulasi udara. Anda harus memastikan kipas angin mengarah ke luar ruangan. Namun, Anda perlu memastikan terlebih dahulu bahwa kondisi listrik sudah cukup aman untuk digunakan. Setelah semua tugas selesai, Anda perlu membersihkan tubuh dengan sabun dan air mengalir yang bersih.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00