FOKUS: #TANGGAP BENCANA

Wilayah Jakarta Barat Mulai Dilengkapi Rain Garden

Pemerintah Kota Jakarta Barat memanfaatkan taman kota sebagai tempat penampungan air hujan dengan membangun rain garden, di beberapa lokasi yang dinilai berpotensi sebagai lokasi genangan. Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Barat, Jauhar Arifin, kepada RRI.co.id, Senin (22/11/2021), mengatakan, rain garden berfungsi untuk menampung limpahan air hujan dari jalan agar mengalir ke taman kota. (Aditya Prabowo/RRI)

KBRN, Jakarta: Pemerintah Kota Jakarta Barat memanfaatkan taman kota sebagai tempat penampungan air hujan dengan membangun rain garden, di beberapa lokasi yang dinilai berpotensi sebagai lokasi genangan.

Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Barat, Jauhar Arifin, kepada RRI.co.id, Senin (22/11/2021), mengatakan, rain garden berfungsi untuk menampung limpahan air hujan dari jalan agar mengalir ke taman kota.

"Fungsi rain garden yang kita buat untuk menampung limpahan air hujan  dari jalan atau jalur-jalur hijau ke taman median," ujar Jauhar Arifin.

Dirinya lanjut menuturkan, cara kerja rain garden cukup mudah, yakni air hujan yang menggenangi jalan atau pemukiman, akan mengalir ke tengah taman yang berbentuk cekung.

"Di tengah taman itulah air mengumpul dan akan diserap oleh rain garden yang sudah dibangun di sana," katanya.

Jauhar menilai, rain garden bekerja efektif pada saat turun hujan beberapa hari terakhir.

Dia berharap, dengan upaya ini, genangan saat hujan deras di Jakarta Barat bisa diminimalisasi dengan baik.

"Rain garden adalah salah satu upaya untuk mengurangi genangan di jalan-jalan dan untuk kondisi hujan," ujarnya. (Miechell Octovy Koagouw)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar