FOKUS: #TANGGAP BENCANA

Ariza Respon Polemik Sumur Resapan Lebak Bulus

Program sumur resapan terus menuai sorotan, setelah baru-baru ini tutup sumur resapan yang dibangun di atas Jalan Lebak Bulus III, Cilandak, Jakarta Selatan, amblas. Kemudian diaspal agar jalan kembali mulus, namun setelah itu aspal tersebut malah dilubangi agar hujan bisa masuk ke dalam sumur resapan. (Dok. Antara/ Narasi: RRI.co.id)

KBRN, Jakarta: Program sumur resapan terus menuai sorotan, setelah baru-baru ini tutup sumur resapan yang dibangun di atas Jalan Lebak Bulus III, Cilandak, Jakarta Selatan, amblas.

Kemudian diaspal agar jalan kembali mulus, namun setelah itu aspal tersebut malah dilubangi agar hujan bisa masuk ke dalam sumur resapan.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (Ariza) enggan berkomentar terkait pembangunan tersebut.

Ia tetap berkeyakinan bahwa salah satu program pencehagan banjir ini efektif dalam mengurai genangan di beberapa titik. 

Bahkan menurutnya sejak ada sumur resapan genangan yang ada menjadi cepat surut.

"Sumur resapan seperti yang sudah dilihat teman-teman, ternyata efektivitasnya cukup baik. Di beberapa titik yang selama ini ada genangan, dengan sumur resapan Alhamdulillah genangannya tidak ada. Dan kalaupun ada, cepat turun (surut, red)," tuturnya kepada wartawan dan RRI.co.id di Balai Kota Jakarta, Selasa (12/7/2021).

Ia kemudian menyinggung kondisi di sejumlah lokasi yang sudah dibangun sumur resapan seperti di Lebak Bulus dan Fatmawati.

Wagub Riza mengklaim, sejak ada proyek ini, di sana sudah tidak ada genangan air lagi.

Termasuk di sejumlah tempat yang sebelumnya berpotensi terjadi genangan air.

"Bisa dilihat teman-teman di tempat-tempat lain, di Lebak Bulus katakanlah Fatmawati di semua tempat di Karanganyar, di tempat-tempat yang sebelumnya ada genangan. Dengan adanya sumur resapan alhamdulillah genangannya tidak ada lagi," klaim Riza.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar