FOKUS: #TANGGAP BENCANA

Macet dan Pohon Tumbang Saat Banjir Tangerang

Petugas kebencanaan Kota Tangerang sedang mengevakuasi pohon tumbang yang menimpa sebuah mobil di Jalan HOS Cokroaminoto, Tangerang, Rabu (18/5/2022). (Saadatuddaraen/RRI)

KBRN, Tangerang: Banjir Kota Tangerang menyebabkan kemacetan sepanjang empat kilometer di Jalan Gatot Subroto Kelurahan Uwung Jaya dan pohon tumbang di Jalan HOS Cokroaminoto.

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang Gufron Valfeli mengatakan, flyover Taman Cibodas dan Komplek Karang Tengah Permai juga terendam banjir.

"Untuk di flyover Taman Cibodas ada Kali Sabi. Setiap selesai hujan air meluap akibat kiriman dari Bogor," ucapnya kepada RRI.co.id di Tangerang, Rabu (18/5/2022)..

Setelah banjir surut, pohon tumbang di Jalan HOS Cokroaminoto, Larangan Utara Kota Tangerang langsung dibereskan petugas kebencanaan.

BACA JUGA: Seribu Jiwa Terdampak Banjir Tangerang Selatan

"Pohon yang tumbang tadi sore menimpa dua unit mobil. Beruntung tidak ada korban jiwa akibat peristiwa itu," tuturnya.

Menurut warga, akibat hujan deras, Kali Sabi meluap hingga kolong flyover Taman Cibodas dan merendam lokasi tersebut 60 sentimeter.

"Betul, ada hujan kencang dan angin sejak pukul 15.00 WIB. Ada luapan air di jalan, dan hujan angin baru berhenti sekitar pukul 17.00 WIB," ujar Anggi warga Kota Tangerang terdampak banjir saat ditemui RRI.co.id di sekitar Taman Cibodas, Rabu (18/5/2022).

Kemudian banjir setinggi 50-60 sentimeter juga merendam Komplek Karang Tengah Permai Kecamatan Karang Tengah, Kota Tangerang.

Menurut Anggi, banjir yang datang merendam jalanan setinggi lutut orang dewasa itu terjadi akibat hujan deras, ditambah drainase yang penuh sampah hingga menghambat aliran air.

"Banjir setinggi lutut orang dewasa. Ini drainase penuh sampah, jadi air tidak mengalir lancar," sebutnya.

Menurut Anggi, bukan saat hujan hari ini saja wilayahnya terdampak banjir, namun setiap ada hujan intensitas tinggi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar