Ratusan KK Terdampak Banjir Rob Meulaboh

Warga menyelamatkan harta benda saat terjadinya pasang air laut (banjir rob) di pesisir pantai di kawasan Desa Ujung Kalak, Kecamatan Johan Pahlawan, Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Ahad (3/7/2022) siang. (ANTARA/Teuku Dedi Iskandar)

KBRN, Jakarta: Ratusan Kepala Keluarga (KK) terdampak banjir rob yang melanda dua desa di Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat. Dua desa yang terdampak banjir rob tersebut antara lain, Desa Pasir dan Desa Ujong Kalak.

"Mungkin lebih kurang ada 700 KK di dua desa itu," kata Bupati Aceh Barat H. Ramil MS dalam perbincangan bersama Pro 3 RRI, Minggu (3/7/2022).

Dua desa itu, lanjutnya, masih digenangi banjir rob karena tidak ada tanggul penahan air pasang laut.

"Yang sangat parah itu yang tidak ada tnggul di Desa Pasir dan Desa Ujung Kalak. Sedangkan yang ada tanggul airnya naik ke atas tanggul tapi kodisinya tidak begitu parah," jelasnya.

Ramli menyebut banjir rob yang melanda daerahnya merupakan banjir tahunan. Menurutnya, sejumlah langkah telah dilakukan untuk mengantisipasi banjir tersebut.

"Dulu sudah pernah kita lakukan, mereka kita ingin direlokasi ke tempat yang lain ternyata setelah kita bikin tanggul sudah ada ketenangan masyarakat itu dan masyarakat tidak pindah lagi," terangnya.

Untuk menangani banjir rob itu, menurut Ramli, pihaknya sudah memerintahkan BPBD dan Dinas Sosial untuk membantu masyarakat setempat. 

"Dinas Sosial membangun pos kesehatan, BPBD membangun tenda-tenda pengungsi, jadi warga bisa datang ke sana," jelasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar