Pencarian 11 ABK Hilang di Perairan Mimika

Ilustrasi: Perahu Tim SAR

KBRN, Jakarta: Tim SAR gabungan melakukan pencarian 11 anak buah kapal Kapal Motor Usaha Baru yang hilang dan tenggelam di perairan Amar, Kabupaten Mimika, Papua.

Kepala SAR Timika George L.M. Randang mengatakan, operasi pencarian melibatkan Basarnas, Polres Timika, Lanal Timika maupun Kodim Timika.

"Jadi operasi SAR gabungan ini sudah berlangsung sejak kemarin. Semenjak menerima informasi jam 11.20, kita sudah memberangkatkan tim SAR gabungan dan ini sementara masih melakukan penyisiran," kata  George dalam perbincangan bersama Pro 3 RRI, Kamis (7/7/2022).

Ia menjelaskan, penyisiran dilakukan dari distrik Kokonau sampai Amar. Pencarian 11 ABK ini, berhasil menyelamatkan tujuh korban selamat dari Kapal Motor Usaha Baru. 

"Sampai saat ini data seperti kemarin ya. Korban yang ditemukan masyarakat yang tujuh korban, kebetulan sudah bersama-sama tim SAR gabungan di daerah distrik Amar," jelasnya. 

Menurutnya, ketujuh korban juga telah memberitahukan seputar kronologi dan posisi tenggelamnya Kapal Motor Usaha Baru.

"Untuk radius pencarian, ini kan kebetulan informasi masuk sudah masuk hari kedua tentunya banyak pergeseran-pergeseran Pasang surut arus gelombang permukaan dan cuaca yang mempengaruhi. Kita merumuskan bahwa obyek ini sudah bergeser dari target awal kejadian," ucap George.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar