Warga Korban Angin Puting Beliung Nantikan Bantuan

KBRN, Mendo Barat : Sekitar 35 rumah penduduk di Desa Air Buluh, Kecamatan Mendo Barat Kabupaten Bangka, menjadi korban bencana Angin Puting Beliung, Sabtu (31/10/2020) sore.

Laporan yang diterima BPBD Bangka Belitung hingga malam ini tercatat rumah yang rusak sebanyak 12 rumah di dusun 1, 19 rumah di dusun 2, satu rumah di dusun 3 dan 3 rumah di dusun 4 Desa Air Buluh.

Usai kejadian, BPBD Babel, BPBD Bangka, Dinsos Bangka, Tagana dan Tim Relawan terjun langsung memberikan pertolongan evakuasi dan bantuan sosial lainnya.

Ketua Tagana Bangka Mustam mengatakan, bantuan sosial diberikan kepada korban rumah yang rusak datang dari BPBD dan Pemerintah Daerah.

“Bantuan terpal dan tenda, makanan siap saji dan selimut untuk sementara sudah disalurkan kepada warga korban bencana angin puting beliung,” jelas Mustam kepada RRI.co.id.

Menurut Mustam bentuk bantuan lainnya masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang akan disalurkan setelah melakukan koordinasi antara BPBD, Pemerintah Desa dan masyarakat sesuai hasil invetarisasi  hingga malam ini.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades)  Air Buluh Suhaili mengatakan, selain bantuan evakuasi, ia berharap bantuan lainnya bisa diterima oleh warga yang menjadi korban.

“Seperti terpal, selimut, makanan, dan yang paling dibutuhkan adalah asbes rumah,” ungkap Suhaili.

Menurut Suhaili, bencana angin puting beliung yang terjadi  tidak menimbulkan korban jiwa, namun hanya berupa kerusakan materil yang hingga kini diinvetarisir jenis jenis kerusakan rumah milik warga yang menjadi korban bencana angin puting beliung.

Sebagian rumah sudah mendapatkan pertolongan pemasangan terpal agar pemilik rumah bisa kembali menghuni walaupun untuk sementara, sedangkan warga lainnya ada yang dievakuasi dan di tampung di rumah-rumah penduduk yang terbebas dari angin puting beliung.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00