6.736 Pasien Penderita Covid-19 di Aceh Sembuh 

Juru Bicara Satgas Covid-19 Aceh Saifullah Abdulgani

KBRN, Banda Aceh: Sebanyak 6.736 pasien yang terpapar Covid-19 di Provinsi Aceh dinyatakan sembuh setelah mendapat perawatan di rumah sakit atau isolasi mandiri. 

Berdasarkan data harian yang dirilis oleh Dinas Kesehatan Aceh pertanggal 24 November 2020, ada penambahan pasien sembuh sebanyak 15 orang. Angka kesembuhan ini terus meningkat dalam satu bulan terakhir. Selain itu, jumlah kasus Covid-19 di daerah berjuluk tanah rencong ini juga dilaporkan terus melandai. 

"Saat ini jumlah orang yang terkonfirmasi virus corona di Aceh sebanyak 8.160 orang. Atau Ada penambahan sebanyak enam pasien," kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Aceh Saifullah Abdulgani kepada RRI di Banda Aceh, Rabu (225/11/2020). 

Saifullah merinci, saat ini ada 20 pasien yang sedang menjalani isolasi di rumah sakit dan 193 pasien melakukan isolasi di rumah. Sementara 4.046 orang sudah selesai melakukan isolasi. Dan yang masih dalam perawatan sebanyak 1.122 pasien, atau berkurang 10 pasien. 

Ditambahkan Saifullah, berdasarkan laporan yang ia terima dari tim gugus tugas covid-19 ada satu orang pasien yang dilaporkan meninggal dunia. 

"Sehingga total keseluruhan pasien yang meninggal dunia di Aceh berjumlah 302 orang," ujarnya. 

Dia pun mengimbau kepada masyarakat untuk tidak lengah dalam menjalankan protokol kesehatan dengan melakukan 3M, yakni mencuci tangan, menjaga jarak dan memakai masker. 

Tidak lupa, dirinya mengaku berharap momentum ini dapat betul-betul dimanfaatkan dengan baik agar kasus Covid-19 di Aceh dapat dikendalikan. Masyarakat dimintanya untuk jangan bosan-bosan menerapkan protokol kesehatan, karena jika Aceh kembali pada zona merah maka jumlah kasus Covid-19 kembali melonjak dan tidak dapat dikendalikan. 

Menurut Saifullah, angka-angka penyebaran Covid-19 akan terus naik atau bahkan menurun tergantung karakteristik penderita dalam perawatan dan karakteristik kasus baru selanjutnya. Sehingga perlu kerja keras semua pihak agar angka kesembuhan terus meningkat.

Karena karakteristik penderita Covid-19 sangat mempengaruhi angka kesembuhan tersebut. Sementara Penderita Covid-19 yang tidak memiliki gejala, memiliki peluang lebih besar untuk sembuh kembali dibandingkan penderita yang memiliki gejala, apalagi penderita yang memilik penyakit penyerta lainnya. (Foto: Dok. Istimewa)

Anda juga bisa mendengar audio di bawah ini:

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00