Longsor Susulan Lumpuhkan Arus Transportasi Ende-Maumere

KBRN, Ende: Longsor yang terjadi pada ruas jalan negara Ende-Maumere menyebabkan arus transportasi putus total.

Titik longsoran terjadi di KM 17 pada ruas jalan negara Ende-Maumere tepatnya arah timur kota Ende. Sehari sebelumnya, longsor terjadi di KM 18 pada ruas jalan yang sama. Namun volume longsoran yang terjadi kali ini lebih besar.

Pantauan rri.co.id, Rabu (20/01/2021), longsoran itu sempat memutus arus transportasi dari dan ke Ende selama kurang lebih 5 jam.

Masyarakat yang bepergian baik dari Ende tujuan wilayah timur kabupaten Ende dan sebaliknya terpaksa harus berganti kendaraan dengan sistem salin, karena kendaraan belum bisa melewatinya. Penumpang dibantu aparat TNI/Polri yang sudah bersiaga sejak pagi tadi mengawal penumpang maupun barang bawaan untuk melewati titik longsoran.

Salah seorang penumpang, ibu Susana Lawi ketika ditemui rri.co.id di lokasi longsoran berharap agar pemerintah melalui dinas terkait segera membersihkan material longsoran agar transportasi kembali normal.

"Saya harap pemerintah segera membersihkan longsoran ini. Kami sangat kesulitan untuk bepergian karena kondisi longsor seperti ini," ujarnya.

Sementara itu Kepala Satuan kerja (Kasatker) Jalan dan jembatan Nasional wilayah 4 NTT di Ende, Nino Sutrisno, ketika ditemui mengatakan saat ini memobilisasi peralatan ekskavator untuk membersihkan material yang ada dan diharapkan masyarakat pengguna jalan agar bersabar.

"Kami sudah terjunkan alat berat ke lokasi untuk membersihkan material longsoran agar transportasi kembali normal," ujarnya.

Nino Sutrisno menambahkan, untuk membersihkan beberapa titik longsoran yang ada kedepan pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah agar pengerjaan berjalan lancar tanpa hambatan karena pemerintah daerah merupakan pemilik wilayah ini.

Mengingat curah hujan masih tinggi, pihaknya akan menyiagakan peralatan berat untuk mengantisipasi longsor lanjutan dan langsung segera ditangani.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00