Siap-siap, Berikut Wilayah Berpotensi Hujan Lebat-Banjir

Antara foto

KBRN, Jakarta: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat sejumlah wilayah mulai memasuki puncak musim hujan.

"Tercatat sebagian besar wilayah Indonesia, yaitu 94 persen dari 342 Zona Musim telah memasuki musim hujan," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam keterangan pada Selasa (19/1/2021).

Ia menjelaskan bahwa kondisi dinamika atmosfer yang tidak stabil berpotensi meningkatkan pertumbuhan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia.

Sebagian besar wilayah yang sudah memasuki puncak musim hujan tersebut adalah Jawa, Bali, Sulawesi Selatan, hingga Nusa Tenggara.

Deputi Bidang Meteorologi Guswanto menambahkan, potensi cuaca ekstrem diprediksi dapat terjadi pada 19 hingga 25 Januari 2021 di daerah berikut:

  1. Aceh
  2. Sumatera Utara
  3. Sumatera Barat
  4. Riau
  5. Jambi
  6. Sumatera Selatan
  7. Lampung
  8. Banten
  9. DKI Jakarta
  10. Jawa Barat
  11. Jawa Tengah
  12. Yogyakarta
  13. Jawa Timur
  14. Bali
  15. Nusa Tenggara Barat
  16. Nusa Tenggara Timur
  17. Kalimantan Tengah
  18. Kalimantan Utara
  19. Kalimantan Timur
  20. Kalimantan Selatan
  21. Sulawesi Utara
  22. Sulawesi Tengah
  23. Sulawesi Selatan
  24. Sulawesi Tenggara
  25. Maluku Utara
  26. Papua Barat
  27. Papua

Menurutnya cuaca ekstrem tersebut berpotensi menimbulkan dampak bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, yang membahayakan pelayaran dan penerbangan.

Dengan potensi cuaca ekstrem tersebut, berdasarkan analisis terintegrasi dari data BMKG, PUPR dan Badan Informasi Geospasial (BIG), perlu diwaspadai daerah yang diprediksi berpotensi banjir kategori menengah pada Januari 2021. 

Daerah itu antara lain Banten bagian selatan, Jawa Barat bagian tengah dan timur, sebagian besar Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

Kemudian Jawa Timur bagian tengah dan timur, Bali bagian utara, Nusa Tenggara Barat bagian utara, sebagian kecil Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tengah bagian tenggara, Sulawesi Selatan bagian selatan, Sulawesi Tenggara bagian utara, Maluku Utara dan Papua Barat wilayah Kepala Burung dan Provinsi Papua bagian tengah.

"Perlu diwaspadai potensi bencana banjir yang kemungkinan bisa terjadi dalam waktu dekat," kata Guswanto.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00