FOKUS: #WASPADA KARHUTLA

Jet Tempur F16 Patroli Karhutla

Titik kebakaran lahan yang terpantau dari satgas udara dengan menggunakan Pesawat F-16. (Foto: Lanud Rusmin Nuryadin Pekanbaru).

KBRN, Pekanbaru: Harpy Flight dari "Rydder" Skadron Udara 16 Wing 6 Lanud Roesmin Nurjadin melakukan patroli udara kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Dasan perbatasan Kabupaten Siak dan Bengkalis Provinsi Riau, Selasa (9/3/21).

"Pesawat tempur yang ada di Lanud Rsn akan terus melakukan patroli udara bersamaan dengan melaksanakan latihan. Hal ini dilaksanakan sebagai upaya untuk mencegah terjadinya karhutla di Riau, dan juga membantu pemerintahan daerah dalam upaya bersama-sama untuk mewujudkan Riau tanpa asap. Dan diharapkan semua elemen dapat mendukungnya," kata Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Andi Kustoro di Pekanbaru, Riau, Selasa (9/3/2021).

Andi menyatakan, upaya pencegahan karhutla akan terus dilakukan.

"Ini adalah komitmen bersama seluruh elemen yang tergabung di dalam Satgas Siaga Penanggulangan Bencana Asap Akibat Karhutla di Riau," kata Andi.

Harpy Flight, kata dia, terdiri dari dua pesawat.

"Yaitu, TS-1608 yang diawaki oleh Danskadud 16 Mayor Pnb Andri Setyawan. TS-1623 oleh Lettu Pnb Galih Rakasiwi dan Kapten Pnb Yusuf Atmanegara," kata dia.

Mereka, kata dia, melaksanakan latihan Basic Fighter Manuver atau BFM di Military Training Area (MTA) Lanud Roesmin Nurjadin.

"Patroli udara dengan pesawat tempur semoga dapat mendeteksi dini pencegahan penyebaran kebakaran hutan dan lahan di Riau," kata dia.

Dia mengatakan, hasil pantauan selama patroli telah menemukan lokasi karhutla yaitu di daerah Dasan Kabupaten Siak dan Bengkalis.

"Patroli Karhutla di latihan profisiensi ini adalah salah satu fungsi dari Dinas Operasi Lanud Rsn sebagai Posko Udara Satgas Karhutla 2021. Hasilnya nanti akan langsung disampaikan oleh crew kepada posko Karhutla untuk tindakan pemadaman lebih lanjut," pungkasnya.(DNS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00