Segera Rilis di Indonesia, Ini Spesifikasi Yamaha R15M

Yamaha R15M (foto: istimewa)

KBRN, Jakarta: PT Yamaha kembali merilis salah satu motor dengan desain sport yang meramaikan kelas 150cc di Indonesia yakni R15 dengan kode M.

Meskipun banyak model yang dikeluarkan sejak tahun 2017, generasi ketiga ini hadir dengan suspensi depan upside down serta mesin yang dibekali teknologi Variable Valve Timing atau VVA. 

Selain itu, pemakaian bensin menjadi lebih optimal, sesuai dengan bukaan gas. Huruf M merupakan nomenklatur Yamaha, sebagai penanda bahwa motor tersebut dirancang khusus dengan mengutamakan performa. 

Salah satu contohnya, yakni YZR-M1 yang digunakan di ajang balap MotoGP.

R15M memiliki dimensi yang sama dengan standar R15, yakni panjang 1.990 milimeter, lebar 725 mm dan tinggi 1.135 mm. 

Bahkan kedua roda dibekali rem anti-lock brake system atau ABS.

Mesin yang disematkan juga tidak berbeda, yakni satu silinder dengan kapasitas 155cc yang bisa menghasilkan 18 daya kuda serta torsi 14 Newton meter.

Hal yang tak kalah menarik adalah ubahan di cluster meternya, dan disebutkan jika motor ini kini dibenamkan fitur konektivitas Y-Connect. 

Fitur ini lebih dulu diperkenalkan di Indonesia pada varian All new Yamaha NMax dan Aerox terbaru. Dengan hadirnya fitur tersebut, para pengendara bisa memantau segala informasi penting kendaraan lewat layar smartphone. 

Meski belum pasti, namun dari informasi yang beredar Yamaha R15 terbaru masih akan mengemas dapur pacu yang sama dengan generasi sebelumnya. 

Di mana rangka delta boxnya itu menggendong mesin 155 cc, 4-tak, SOHC, 4 katup, pendingin cairan, dan sudah berpengabut injeksi.

Namun dari bocoran data tadi ada perbedaan secara output tenaga. Di India R15 hanya memiliki tenaga maksimal 13,5 kW atau sekitar 18,1 daya kuda, sementara R15 V3 di Indonesia memiliki tenaga lebih besar yakni 14,2 kW atau setara 19 daya kuda.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00