Rekomendasi SUV Bekas Terbaik & Terjangkau Keluarga Perkotaan

Ilustrasi Mobil bekas .jpeg

KBRN, Jakarta : Popularitas mobil SUV semakin tinggi mengingat mobil ini menawarkan pengendaraan yang menyenangkan dan bisa dibawa ke berbagai medan. Bahkan tak sedikit pengguna yang memilih SUV sebagai mobil untuk keluarga. Bagi Anda yang ingin membeli mobil SUV bekas untuk keluarga dengan harga yang terjangkau, rekomendasi di bawah ini mungkin bisa menjadi pertimbangan.

1. Daihatsu Terios

Bukan hanya mobil barunya, tapi mobil bekas Daihatsu Terios masih menjadi primadona di pasar mobil bekas Tanah Air. Tampilannya yang maskulin bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau, mulai dari Rp 100 jutaan untuk model keluaran tahun 2010.

Bodinya yang jangkung memberikan kesan tangguh. Didedikasikan sebagai SUV perkotaan, Terios menawarkan model yang kompak. Membuatnya enak dibawa berkendara di jalanan yang sempit dan penuh kemacetan. Mesinnya bandel dan bertenaga seringkali diasosiasikan dengan konsumsi BBM yang efisien.

Tapi dimensi yang tinggi berdampak pada handling, karena Terios terasa limbung ketika harus dibawa dalam kecepatan tinggi. Bantingan suspensi pun tak bisa dibilang lembut, karena mobil ini juga diperuntukkan bagi pengendaraan di medan yang bergelombang. Khusus untuk transmisi otomatis dari Terios edisi lama disebut terasa lemot dan kurang responsif.

2. Ford Ecosport

Mobil asal Amerika ini merupakan pilihan SUV dengan tampilan eksterior yang gagah tapi tetap elegan. Bahkan mobil ini bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau. Karena kepergian merek Ford, harga jual kembali EcoSport lebih rendah, dengan harganya berkisar dari Rp110 jutaan saja.

Peredaman kabin didukung berbagai fitur yang bisa dibilang lengkap dibandingkan model lainnya di pada masanya menjadi daya tarik EcoSport. Kesan mewah langsung terasa ketika masuk ke dalam kabin, walaupun mobil ini hampir berusia 10 tahun.

Karena diperuntukkan demi performa, konsumsi BBM mobil ini pun cukup tinggi. Biaya perawatannya pun tinggi mengingat spare part EcoSport tak begitu mudah ditemukan. Tapi hal lainnya yang membuat EcoSport menarik untuk dimiliki adalah kembalinya merek Ford ke Indonesia. Ini tentunya akan membantu pengendara dalam mencari spare-part mobil.

3. Honda BR-V

Jika Anda ingin model yang lebih baru dan berusia di bawah 5 tahun, maka Honda BR-V bisa menjadi pilihan utama. Mobil yang baru saja mendapatkan pembaruan di awal 2022 lalu memang baru diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2016 silam. Untuk edisi perdananya, harga Honda BR-V bekas dibanderol mulai dari Rp150 jutaan.

Desainnya yang modern tak lekang oleh waktu. Apalagi interiornya cukup menawan sebagai mobil keluarga dengan ruang kabin yang lega dan lapang. Handling dan perpindahan gigi terasa halus didukung dengan pengendaraan fun to drive yang menjadi bagian penting dari kekuatan mobil Honda di Indonesia.

Meski nyaman, tapi banyak pemilik BR-V seringkali mengeluhkan ruang kabin yang tak begitu kedap, sehingga road noise masih terasa ketika berkendara di jalanan yang ribut. Interior yang mengandalkan kesan mewah masih banyak ditemukan material plastik, bukannya soft touch. Pun begitu dengan kaki-kaki depan yang sering bermasalah.

4. Jeep Grand Cherokee

Jika daftar di atas masih terasa ‘standar’ dan biasa, maka Anda bisa melihat satu model populer yang memang dikenal sebagai langganan SUV tangguh yang nyaman. Adalah Jeep Grand Cherokee yang saat ini bisa didapatkan dengan banderol mulai dari Rp125 jutaan, tapi khusus untuk model keluaran tahun 2001.

Performanya yang mengesankan dengan mesin bertenaga mampu melibas semua kondisi jalan. Bukan hanya di jalanan perkotaan, tapi Cherokee tangguh ketika diajak berkendara ke luar kota. Ruang kabin lega dan material interior yang kokoh dan kedap menghadirkan kesan nyaman ketika berada di dalam mobil.

Tapi ruang yang besar harus mengorbankan pengendaraan yang tak semudah SUV kompak. Misalnya saja radius putar yang panjang sekaligus bobotnya yang berat. Sehingga membuat konsumsi bahan bakarnya terbilang boros. Walaupun mobil ini terjangkau, perawatan dan spare part merek Jeep memang tak bisa dibilang murah.

5. Suzuki Grand Vitara

Nyaman dikendarai, Suzuki pernah memperkenalkan Grand Vitara sebagai SUV menengah dengan mesin yang bandel dan desainnya long lasting. Walaupun mobil ini seringkali berusia di atas 10 tahun, tapi desainnya masih terasa modern dan tak ketinggalan zaman.

Ruang kabin yang lega merupakan salah satu keunggulan mobil ini. Begitu pula dengan fiturnya yang berlimpah. Grand Vitara juga dibekali dengan suspensi yang enak dan bantingan yang tak terlalu keras. Keunggulan lainnya yaitu mobil ini tak terlalu limbung ketika dibawa dalam kecepatan tinggi,

Kelemahan Grand Vitara yang sering diperbincangkan adalah mobil ini seringkali bermasalah dengan oli, sama seperti Suzuki Escudo. Meski suspensinya menawan, tapi bagian kaki-kaki tergolong rentan dan cepat butuh pergantian. Apalagi respons transmisi otomatis yang kurang greget untuk model bermesin 2.0 liter. Selain itu, bahan bakarnya pun tak bisa dibilang irit.

6. Toyota Rush

Sebagai pelengkap SUV perkotaan dengan harga yang terjangkau adalah mobil kompak berlogo Toyota ini. Dikembangkan bersamaan dengan Daihatsu Terios, Rush dikenal sebagai model yang lebih canggih dan terasa lebih kokoh dibandingkan saudaranya.

Selera memang berbeda-beda, tapi tak salah untuk menyebut Rush membawa kesan maskulin dan tangguh untuk sebuah kendaraan keluarga. Ground clearance tinggi membuatnya enteng dibawa ke jalanan bergelombang hingga menerobos genangan air. Fitur yang disematkan pada Rush pun lebih banyak jika dibandingkan dengan Terios.

Tapi sama seperti saudaranya, Rush juga sering dikeluhkan terasa limbung pada saat kecepatan tinggi. Ini dikarenakan tubuhnya yang jangkung sehingga memiliki hambatan yang besar. Tenaga mesin juga tak sekuat pesaingnya, dan cenderung tak responsif pada putaran bawah.

7. Wuling Confero S

Merek Wuling memang baru saja masuk ke pasar otomotif Indonesia. Tapi jajaran line-up Wuling patut diperhitungkan. Salah satunya SUV Wuling Confero S yang menawarkan pengendaraan yang bertenaga dengan fitur tak kalah dibandingkan dengan pesaingnya di segmen yang sama.

Pertama kali Wuling Confero masuk ke Indonesia pada tahun 2017, Wuling memperkenalkan edisi terbaru pada tahun 2019. Perpindahan transmisi yang mulus didukung dengan mesin turbo membuat performanya semakin menggelegar. Bahkan model tahun 2019 bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp125 jutaan saja.

Hanya saja Wuling Confero masih dikepung dengan stigma mobil China yang murahan dan mudah rusak. Padahal Wuling sudah berusaha memberikan model dengan value for money yang mengesankan. Mungkin kekurangan Wuling Confero terdapat pada popularitasnya yang masih kalah dibandingkan pesaingnya, serta dealer Wuling yang belum sebanyak pabrikan Jepang lainnya.

Sebagian besar model yang ada di daftar ini dibanderol mulai dari Rp100 jutaan. Ada banyak mobil harga Rp 50 jutaan yang tersedia, tapi sebagian besar merupakan mobil keluaran tahun 90-an sampai dengan 2000-an yang mungkin membutuhkan lebih banyak penanganan.

Yang paling penting ketika membeli mobil bekas adalah mengetahui kondisi kendaraan. Pastikan mobil berada dalam kondisi terbaik dengan memeriksa keseluruhan eksterior dan interior, serta mengecek mesin dan perpindahan transmisi. Jika perlu, lakukan test drive untuk memeriksa keseluruhan rasa berkendara dari mobil yang Anda pilih.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar